home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Uni Eropa Sediakan 1.600 Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia pada 2016

Rabu, 04 November 2015 10:02 by fzhchyn | 3589 hits
Uni Eropa Sediakan 1.600 Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia pada 2016
Image source: tempo.co

DREAMERS.ID - Meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, apalagi jika bisa sampai ke luar negeri memang menjadi impian sebagian besar orang. Tapi kendala dari segi ekonomi biasanya menjadi salah satu halangan, sehingga jalur beasiswa pun menjadi pilihan yang menggiurkan.

Kali ini, negara-negara yang menjadi anggota Uni Eropa menyediakan 1.600 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia pada 2016. Sebanyak 89 universitas dari 14 negara menyediakan beasiswa penuh. Negara-negara ini menggelar pameran pendidikan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, 3-4 November 2015.

Minat mahasiswa Indonesia yang ingin meneruskan kuliah di Eropa semakin tinggi " kata Vincent Guérend, Duta Besar - Designate Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunai Darussalam, di Yogyakarta pada Selasa (03/11), mengutip laman Tempo.

Selain di Yogyakarta, Pameran Pendidikan Tinggi Eropa atau European Higher Education Fair-EHEF ini juga akan diselenggarakan di Bali pada 5 November mendatang.

Dari catatan Uni Eropa, pada 2014, jumlah mahasiswa Indonesia yang berangkat  kuliah di benua itu sebanyak 5.800 orang. Jumlah itu naik secara signifikan sejak 2011 yang hanya mencapai sepertiganya saja. Secara total, jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Eropa ada 9.000 orang.

Baca juga: Pilih-pilih Program Beasiswa ke Korea Selatan yang Cocok dengan Kamu

Menurut Guérend, belajar di luar negeri akan menjadikan mahasiswa lebih dewasa dan mandiri. Bisa memperluas wawasan, mempelajari bahasa asing dan berbaur dengan budaya di negeri tempat mahasiswa belajar.

Negara-negara yang ikut serta dalam pameran pendidikan ini antara lain dari Perancis, Swedia, Belanda, Chech Republik, Hongaria, Jerman, Italia, Rumania, Polandia, Spanyol dan lain-lain.

Beasiswa penuh itu, kata Guérend, meliputi biaya hidup, biaya kuliah. Bahkan tiket perjalanan dari Indonesia ditanggung. Beasiswa bisa untuk satu tahun hingga ada yang empat tahun untuk jenjang S3.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)