SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Uni Eropa Sediakan 1.600 Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia pada 2016

Rabu, 04 November 2015 10:02 by zia92 | 3448 hits
Uni Eropa Sediakan 1.600 Beasiswa Bagi Mahasiswa Indonesia pada 2016
Image source: tempo.co

DREAMERS.ID - Meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, apalagi jika bisa sampai ke luar negeri memang menjadi impian sebagian besar orang. Tapi kendala dari segi ekonomi biasanya menjadi salah satu halangan, sehingga jalur beasiswa pun menjadi pilihan yang menggiurkan.

Kali ini, negara-negara yang menjadi anggota Uni Eropa menyediakan 1.600 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia pada 2016. Sebanyak 89 universitas dari 14 negara menyediakan beasiswa penuh. Negara-negara ini menggelar pameran pendidikan di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, 3-4 November 2015.

Minat mahasiswa Indonesia yang ingin meneruskan kuliah di Eropa semakin tinggi " kata Vincent Guérend, Duta Besar - Designate Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunai Darussalam, di Yogyakarta pada Selasa (03/11), mengutip laman Tempo.

Selain di Yogyakarta, Pameran Pendidikan Tinggi Eropa atau European Higher Education Fair-EHEF ini juga akan diselenggarakan di Bali pada 5 November mendatang.

Dari catatan Uni Eropa, pada 2014, jumlah mahasiswa Indonesia yang berangkat  kuliah di benua itu sebanyak 5.800 orang. Jumlah itu naik secara signifikan sejak 2011 yang hanya mencapai sepertiganya saja. Secara total, jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Eropa ada 9.000 orang.

Baca juga: Cerita Haru Anak Penggali Kuburan yang Sukses Jadi Dokter Hingga Kuliah S-3 di Jepang

Menurut Guérend, belajar di luar negeri akan menjadikan mahasiswa lebih dewasa dan mandiri. Bisa memperluas wawasan, mempelajari bahasa asing dan berbaur dengan budaya di negeri tempat mahasiswa belajar.

Negara-negara yang ikut serta dalam pameran pendidikan ini antara lain dari Perancis, Swedia, Belanda, Chech Republik, Hongaria, Jerman, Italia, Rumania, Polandia, Spanyol dan lain-lain.

Beasiswa penuh itu, kata Guérend, meliputi biaya hidup, biaya kuliah. Bahkan tiket perjalanan dari Indonesia ditanggung. Beasiswa bisa untuk satu tahun hingga ada yang empat tahun untuk jenjang S3.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)