home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Erupsi Gunung Rinjani, Dua Bandara Besar Ditutup Hingga Kamis

Rabu, 04 November 2015 08:15 by fzhchyn | 1484 hits
Erupsi Gunung Rinjani, Dua Bandara Besar Ditutup Hingga Kamis
Image source: kicknews.to

DREAMERS.ID - Penutupan Bandara Ngurah Rai, Denpasar dan Bandara Selaparang, Lombok diperpanjang hingga Kamis (5/11) pukul 08.45 Wita akibat erupsi Gunung Rinjani, Lombok.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan penutupan tersebut berdasarkan "notice to airmen" (Notam) nomor A2470/15.

"Bandara Ngurah Rai Bali dan Selaparang ditutup sampai Kamis pagi 5/11/2015 pukul 08.00 WITA dan akan dievaluasi kembali besok pagi," katanya.

Berdasarkan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Rinjani yang terletak di dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, kembali meletus pada Selasa (3/11).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho letusan terjadi beberapa kali sejak Selasa pagi.

Dia mengatakan tinggi letusan mencapai sekitar 3.500 meter dpl atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari. "Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat. Berdasarkan citra Satelit Terra, terpantau sebaran abu vulkanik menutupi Selat Lombok, wilayah Bali, Selat Bali hingga Banyuwangi," katanya.

Sutopo menambahkan Hujan abu tipis melanda daerah-daerah tersebut. Akibatnya, lanjut dia, tujuh desa di Kabupaten Lombok Utara terjadi hujan abu. BPBD Provinsi NTB telah membagikan 4.000 masker kepada masyarakat.

Baca juga: Kesaksian Warga Berastagi Saat Gunung Sinabung Erupsi Senin Pagi

"Kondisi demikian menyebabkan operator Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menutup sementara operasional bandara," katanya.

Penutupan berdasarkan informasi BMKG dan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin. Dia mengatakan status Gunung Rinjani masih Waspada (level II) yang diberlakukan sejak 25-10-2015 pukul 13.00 WITA.

"PVMBG terus melakukan pemantauan secara intensif guna mengevaluasi tingkat aktivitas G. Rinjani," katanya.

Hingga saat ini, dia mengatakan, masih terdapat potensi erupsi lanjutan yang diindikasikan dengan terekamnya gempa tremor Hembusan dengan amplitudo maksimum 2-3 mm dengan lama gempa 5-10 detik.

Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas/berkemah di dalam Kaldera Gunung Rinjani dan di dalam radius 3 km dari kawah Gunung Barujari yang berada di dalam Kaldera G. Rinjani.

"Masyarakat di sekitar G. Rinjani diharap tenang dan tetap waspada, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani," katanya.

[bal]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)