SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Erupsi Gunung Rinjani, Dua Bandara Besar Ditutup Hingga Kamis

Rabu, 04 November 2015 08:15 by zia92 | 1393 hits
Erupsi Gunung Rinjani, Dua Bandara Besar Ditutup Hingga Kamis
Image source: kicknews.to

DREAMERS.ID - Penutupan Bandara Ngurah Rai, Denpasar dan Bandara Selaparang, Lombok diperpanjang hingga Kamis (5/11) pukul 08.45 Wita akibat erupsi Gunung Rinjani, Lombok.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan penutupan tersebut berdasarkan "notice to airmen" (Notam) nomor A2470/15.

"Bandara Ngurah Rai Bali dan Selaparang ditutup sampai Kamis pagi 5/11/2015 pukul 08.00 WITA dan akan dievaluasi kembali besok pagi," katanya.

Berdasarkan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Rinjani yang terletak di dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, kembali meletus pada Selasa (3/11).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho letusan terjadi beberapa kali sejak Selasa pagi.

Dia mengatakan tinggi letusan mencapai sekitar 3.500 meter dpl atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari. "Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat. Berdasarkan citra Satelit Terra, terpantau sebaran abu vulkanik menutupi Selat Lombok, wilayah Bali, Selat Bali hingga Banyuwangi," katanya.

Sutopo menambahkan Hujan abu tipis melanda daerah-daerah tersebut. Akibatnya, lanjut dia, tujuh desa di Kabupaten Lombok Utara terjadi hujan abu. BPBD Provinsi NTB telah membagikan 4.000 masker kepada masyarakat.

Baca juga: Gunung Agung Kembali Erupsi dan Semburkan Asap Hingga 2.500 meter!

"Kondisi demikian menyebabkan operator Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menutup sementara operasional bandara," katanya.

Penutupan berdasarkan informasi BMKG dan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin. Dia mengatakan status Gunung Rinjani masih Waspada (level II) yang diberlakukan sejak 25-10-2015 pukul 13.00 WITA.

"PVMBG terus melakukan pemantauan secara intensif guna mengevaluasi tingkat aktivitas G. Rinjani," katanya.

Hingga saat ini, dia mengatakan, masih terdapat potensi erupsi lanjutan yang diindikasikan dengan terekamnya gempa tremor Hembusan dengan amplitudo maksimum 2-3 mm dengan lama gempa 5-10 detik.

Masyarakat di sekitar Gunung Rinjani dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas/berkemah di dalam Kaldera Gunung Rinjani dan di dalam radius 3 km dari kawah Gunung Barujari yang berada di dalam Kaldera G. Rinjani.

"Masyarakat di sekitar G. Rinjani diharap tenang dan tetap waspada, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Rinjani," katanya.

[bal]

Source:
  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)