home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siswa Makin Canggih dalam Mencontek, Hukuman Penjara 7 Tahun Menanti

Rabu, 28 Oktober 2015 15:33 by fzhchyn | 2588 hits
Siswa Makin Canggih dalam Mencontek, Hukuman Penjara 7 Tahun Menanti
Image source: dailymail.c

DREAMERSRADIO.COM - Selama ini, hukuman bagi pelajar yang ketahuan mencontek biasanya hanya berkaitan dengan nilai, skors, dan bahkan ancaman tidak naik kelas atau lulus. Tapi di Cina, hukuman untuk tindak kecurangan ini bisa sampai ke hukuman penjara!

Melihat semakin tingginya tingkat kecurangan dalam ujian nasional tingkat SMP maupun SMA, pemerintah Republik Rakyat Cina menerbitkan aturan pidana lebih keras menghukum pelaku mencontek pada Selasa (27/10) kemarin.

Aturan yang mulai berlaku pada 1 November itu menyatakan bagi pelajar merancang aksi mencontek atau terlibat sindikat kunci jawaban bisa diganjar hukuman maksimal tujuh tahun penjara ditambah denda.

"Pemerintah berharap hukuman berat itu bisa menggentarkan mereka yang tidak jujur mengikuti ujian di pelbagai bidang," kata Guru Besar Hukum Universitas Polhukam China (CUPSL), Hong Daode, seperti dilansir Shanghaiist.

Masih dalam peraturan yang sama, siswa berlaku curang di ujian paling ringan akan dipenjara 3 tahun.

Baca juga: Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi, Ternyata Banyak yang 'Copy-Paste' Jawaban

Beberapa skandal kecurangan ujian paling parah yang terungkap belum lama adalah konspirasi lebih dari 2.000 peserta ujian lisensi farmasi pemerintah China.

Akibat maraknya tindak kecurangan mencontek di Cina, kampus-kampus top di Inggris dan Amerika Serikat pada Oktober 2014, menunda penerimaan puluhan mahasiswa baru dari Negeri Tirai Bambu, karena nilai mereka dicurigai terkatrol kecurangan.

Metode kecurangan para pelajar China juga semakin canggih seiring waktu. Kasus di Guangdong Juni lalu, menunjukkan ada peserta ujian memakai kacamata khusus yang bisa memunculkan jawaban.

Di Jiangsu, puluhan siswa kepergok menggunakan rompi yang dilengkapi oleh radio untuk melancarkan aksi mencontek. Ditemukan pula sebuah pulpen yang dilengkapi dengan kamera tersembunyi untuk mengambil gambar soal ujian, layaknya agen mata-mata '007' James Bond.

(fzh)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)