SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siswa Makin Canggih dalam Mencontek, Hukuman Penjara 7 Tahun Menanti

Rabu, 28 Oktober 2015 15:33 by zia92 | 2298 hits
Siswa Makin Canggih dalam Mencontek, Hukuman Penjara 7 Tahun Menanti
Image source: dailymail.c

DREAMERSRADIO.COM - Selama ini, hukuman bagi pelajar yang ketahuan mencontek biasanya hanya berkaitan dengan nilai, skors, dan bahkan ancaman tidak naik kelas atau lulus. Tapi di Cina, hukuman untuk tindak kecurangan ini bisa sampai ke hukuman penjara!

Melihat semakin tingginya tingkat kecurangan dalam ujian nasional tingkat SMP maupun SMA, pemerintah Republik Rakyat Cina menerbitkan aturan pidana lebih keras menghukum pelaku mencontek pada Selasa (27/10) kemarin.

Aturan yang mulai berlaku pada 1 November itu menyatakan bagi pelajar merancang aksi mencontek atau terlibat sindikat kunci jawaban bisa diganjar hukuman maksimal tujuh tahun penjara ditambah denda.

"Pemerintah berharap hukuman berat itu bisa menggentarkan mereka yang tidak jujur mengikuti ujian di pelbagai bidang," kata Guru Besar Hukum Universitas Polhukam China (CUPSL), Hong Daode, seperti dilansir Shanghaiist.

Masih dalam peraturan yang sama, siswa berlaku curang di ujian paling ringan akan dipenjara 3 tahun.

Baca juga: Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi, Ternyata Banyak yang 'Copy-Paste' Jawaban

Beberapa skandal kecurangan ujian paling parah yang terungkap belum lama adalah konspirasi lebih dari 2.000 peserta ujian lisensi farmasi pemerintah China.

Akibat maraknya tindak kecurangan mencontek di Cina, kampus-kampus top di Inggris dan Amerika Serikat pada Oktober 2014, menunda penerimaan puluhan mahasiswa baru dari Negeri Tirai Bambu, karena nilai mereka dicurigai terkatrol kecurangan.

Metode kecurangan para pelajar China juga semakin canggih seiring waktu. Kasus di Guangdong Juni lalu, menunjukkan ada peserta ujian memakai kacamata khusus yang bisa memunculkan jawaban.

Di Jiangsu, puluhan siswa kepergok menggunakan rompi yang dilengkapi oleh radio untuk melancarkan aksi mencontek. Ditemukan pula sebuah pulpen yang dilengkapi dengan kamera tersembunyi untuk mengambil gambar soal ujian, layaknya agen mata-mata '007' James Bond.

(fzh)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)