SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siswa Makin Canggih dalam Mencontek, Hukuman Penjara 7 Tahun Menanti

Rabu, 28 Oktober 2015 15:33 by zia92 | 2416 hits
Siswa Makin Canggih dalam Mencontek, Hukuman Penjara 7 Tahun Menanti
Image source: dailymail.c

DREAMERSRADIO.COM - Selama ini, hukuman bagi pelajar yang ketahuan mencontek biasanya hanya berkaitan dengan nilai, skors, dan bahkan ancaman tidak naik kelas atau lulus. Tapi di Cina, hukuman untuk tindak kecurangan ini bisa sampai ke hukuman penjara!

Melihat semakin tingginya tingkat kecurangan dalam ujian nasional tingkat SMP maupun SMA, pemerintah Republik Rakyat Cina menerbitkan aturan pidana lebih keras menghukum pelaku mencontek pada Selasa (27/10) kemarin.

Aturan yang mulai berlaku pada 1 November itu menyatakan bagi pelajar merancang aksi mencontek atau terlibat sindikat kunci jawaban bisa diganjar hukuman maksimal tujuh tahun penjara ditambah denda.

"Pemerintah berharap hukuman berat itu bisa menggentarkan mereka yang tidak jujur mengikuti ujian di pelbagai bidang," kata Guru Besar Hukum Universitas Polhukam China (CUPSL), Hong Daode, seperti dilansir Shanghaiist.

Masih dalam peraturan yang sama, siswa berlaku curang di ujian paling ringan akan dipenjara 3 tahun.

Baca juga: Ribuan Dosen Tak Lulus Sertifikasi, Ternyata Banyak yang 'Copy-Paste' Jawaban

Beberapa skandal kecurangan ujian paling parah yang terungkap belum lama adalah konspirasi lebih dari 2.000 peserta ujian lisensi farmasi pemerintah China.

Akibat maraknya tindak kecurangan mencontek di Cina, kampus-kampus top di Inggris dan Amerika Serikat pada Oktober 2014, menunda penerimaan puluhan mahasiswa baru dari Negeri Tirai Bambu, karena nilai mereka dicurigai terkatrol kecurangan.

Metode kecurangan para pelajar China juga semakin canggih seiring waktu. Kasus di Guangdong Juni lalu, menunjukkan ada peserta ujian memakai kacamata khusus yang bisa memunculkan jawaban.

Di Jiangsu, puluhan siswa kepergok menggunakan rompi yang dilengkapi oleh radio untuk melancarkan aksi mencontek. Ditemukan pula sebuah pulpen yang dilengkapi dengan kamera tersembunyi untuk mengambil gambar soal ujian, layaknya agen mata-mata '007' James Bond.

(fzh)

Source:
  • HOT !
    Peristiwa kebakaran studio animasi KyoAni atau Kyoto Animation di Kyoto, Jepang kemarin mendapat laporan update terbaru dari sisi korban jiwa. Kasus ini juga mendapat sorotan di jagat dunia maya hingga jadi Trending Topic Dunia....
  • HOT !
    Pada hari Rabu (17/7/19) pihak Korea Tourism Organization (KTO) mengatakan akan menyelenggarakan pameran wisata medis Korea selama tiga hari mulai dari hari Jumat (19/9/19) mendatang di Jakarta....
  • HOT !
    Fenomena gerhana bulan sebagian akan terjadi pada Rabu (17/7/2019). Meskipun gerhana bulan sebagian adalah fenomena yang sering disaksikan, namun gerhana bulan kali ini cukup istimewa karena kita harus menunggu waktu yang cukup lama jika ingin melihatnya lagi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)