home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lima Jam Diguyur Hujan, Api di Sumatera Selatan Belum Padam

Rabu, 28 Oktober 2015 13:13 by fzhchyn | 1281 hits
Lima Jam Diguyur Hujan, Api di Sumatera Selatan Belum Padam
Image source: sumateradea

DREAMERSRADIO.COM - Selama berpekan-pekan, bencana kabut asap yang terjadi di beberapa daerah di Sumatera dan Kalimantan belum juga bisa diatasi secara tuntas. Berbagai cara sudah dilakukan untuk memadamkan api yang membakar lahan gambut.

Kabut asap akibat kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, sudah sangat mengancam kesehatan warga. Namun tidak disangka hujan cukup deras turun di OKI pada Selasa (27/10).

Manajer Distrik di lahan konsesi milik PT Budi Andalas Permai, Dedi Lubis mengatakan kalau hujan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB dan berlangsung selama lima jam. "Mulai sekitar pukul 10.00 WIB dan selesai sekitar pukul 15.00 WIB," kata Dedi saat ditemui di lokasi PT BAP, mengutip laman CNN Indonesia.

Curah hujan yang cukup deras ini membuat kabut asap berkurang tapi kembali memburuk di sore hari dan belum bisa membuat titik-titik api kebakaran hutan padam. Dan pagi ini, kabut asap tetap menyelimuti area konsesi PT BAP. Jarak pandang pun kembali memburuk, hanya 100-200 meter.

Baca juga: Jakarta Puncaki Peringkat Polusi Udara Dunia Bahkan Ketika Diguyur Hujan Deras

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau meminta pemerintah pusat terus berupaya memadamkan api di Semsel dan Jambi bersama pemerintah daerah kedua provinsi terkait.

“Riau hari ini cerah karena sebagian besar wilayah kami kemarin sore diguyur hujan hampir dua jam. Langit jernih. Jarak pandang 1.500-2.000 meter. Titik api nol. Tapi kalau titik api di Sumsel tak tuntas dipadamkan, dua hari ke depan Riau kolaps lagi,” kata Kepala BPBD Riau Edward Sanger, Rabu (28/10).

Edward ragu cuaca cerah di Riau dapat bertahan sepekan penuh. “Sebab titik api di Sumsel ada 400 lebih. Kalau itu tak padam, kondisi Riau buruk terus,” ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)