SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Azizah, Gadis Usia 14 Tahun Calon Peraih Piala Nobel

Senin, 26 Oktober 2015 19:25 by reinasoebisono | 2509 hits
Mengenal Azizah, Gadis Usia 14 Tahun Calon Peraih Piala Nobel
Image source: Merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Aziza Rahimzada (14), seorang aktivis muda yang memperjuangkan hak-hak warga di kamp pengungsian Kabul, Afghanistan bersiap menerima piala nobel November mendatang.

Keberhasilan Aziza memperjuangkan puluhan ribu anak untuk bersekolah dan menyediakan air keran untuk lebih dari 100 keluarga di kamp pengungsian membawa dirinya masuk dalam nominasi penerima nobel perdamaian dunia yang tahun sebelumnya diraih oleh Malala Yousafzai.


Aziza (tengah) bersama anak-anak menggunakan air bersih di pengungsian (Merdeka.com)

Hidup Aziza tidak pernah merasakan sebuah kota atau tempat tinggal yang layak seperti pada umumnya. Aziza lahir di pengungsian setelah keluarganya melarikan diri dari pertempuran di provinsi Parwan pada tahun 2001.

Hal inilah yang menjadikan tekadnya kuat untuk membantu anak-anak di pengungsian karena ia tahu bagaimana beratnya lahir dan hidup di daerah pengungsian. PEndidikan tidak ada, air bersih kurang dan tempat hidup tak layak.


Aziza saat ditemui di rumahnya di pengungsian Kabul, Afghanistan (Merdeka.com)

“Anak-anak ini adalah produk perang,” miris Aziza. Bagaimana tidak, kini, anak-anak di kamp sudah bukan dianggap sebagai korban tapi sudah menjadi produk perang yang bisa saja suatu hari nanti mereka akan senjata juga di usia muda.

Aziza Rahimzada akan diseleksi bersama tiga nominasi peraih nobel perdamaian lainnya yang diumumkan di Den Haag 9 November mendatang. Ia akan menyaingi Abraham Keita usia 17 dari Liberia dan Jeanesha Bou yang juga berusia 17 dari Puerto Rico.

(rei)

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)