SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Remaja Korea Selatan Lebih Merasa Tertekan Saat Semester Baru Dimulai

Sabtu, 24 Oktober 2015 08:23 by zia92 | 3409 hits
Remaja Korea Selatan Lebih Merasa Tertekan Saat Semester Baru Dimulai
Image source: wjs.com

DREAMERSRADIO.COM - Dikenal sebagai negara yang sistem pendidikannya sangat disiplin, tak jarang membuat siswa di Korea Selatan merasa tertekan bahkan depresi. Tapi dari keseluruhan semester yang dijalani, sebuah analisis menyatakan bahwa remaja Korsel cenderung lebih merasa tertekan pada bulan April.

Institut Korea Bidang Kesehatan dan Sosial melakukan analisis berdasarkan postingan para remaja Korsel di sosial media dan hasilnya menunjukkan bahwa perasaan tertekan paling tajam di bulan April, namun berangsur-angsur berkurang sampai Agustus dan November.

Bulan April diketahui sebagai dimulainya semester baru sistem pembelajaran di Korea Selatan. Dan hasil yang lebih spesifik menunjukkan bahwa remaja paling tertekan saat pukul 8 sampai 11 pagi antara hari Senin dan Rabu.

Menurut laporan Korea Times, temuan ini didasarkan pada 161.581 postingan para remaja di 215 channel online, termasuk situs berita, papan buletin, dan blog di tahun 2012-2014.

Baca juga: 'Sikap Tobat', Cara Kocak Polisi Cirebon Hukum Pelajar Tawuran

Song Taemin dari Institut Korea Bidang Kesehatan dan Sosial mengatakan bahwa timnya menganalisis data berdasarkan “arti penyampaian pendapat” yang menyaring kosakata dan menemukan bahwa secara keseluruhan ada ekspresi emosi negatif yang lebih besar daripada emosi positif. Emosi negatif sebanyak 25,9 persen dan emosi positif 15,5 persen.

“Postingan para remaja secara online bisa lebih mengungkapkan (kebenaran) dibandingkan dengan wawancara tatap muka karena mereka tidak merasa harus berpura-pura,” kata Song.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)