SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ramai Himbauan Baskom Air Garam Untuk Datangkan Hujan, Ini Jawaban BMKG

Kamis, 22 Oktober 2015 09:54 by reinasoebisono | 1957 hits
Ramai Himbauan Baskom Air Garam Untuk Datangkan Hujan, Ini Jawaban BMKG
Image source: centroone.c

DREAMERSRADIO.COM - Beberapa hari terakhir, himbauan di media sosial dan pesan berantai di layanan aplikasi chatting tentang meletakkan wadah berisi air garam beredar luas. Sebagian warga di daerah Pontianak mengklaim hal ini mampu mendatangkan hujan walau hanya sebentar.

Info yang diklaim berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) itu dilakukan secara serentak oleh warga di beberapa daerah yang terkena kabut asap. Terkait isu tersebut, BMKG membantah informasi tersebut bermula dari lembaga tersebut.

BMKG menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dari BMKG karena bukti keilmiahannya pun belum ada. Mengutip Viva, BMKG mengeluarkan sebuah pernyataan yang ditulis di laman resmi Facebook BMKG.


Kebakaran hutan yang belum mendapat solusi selama lebih dari 4 bulan (d7news.com)

“Penguapan air dari baskom yang terjadi (meskipun jumlah baskom berisi air dalam jumlah banyak) sangat jauh dari memadai bila dibandingkan dengan jumlah uap air hasil penguapan yang diperlukan untuk proses kondensasi pembentukan awan di atmosfer,” tulis Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus S. Swarinito.

Baca juga: Viral Sekelompok Orang Bermain Golf di Samping Hutan yang Terbakar Hebat

Penguapan air yang banyak memang mampu membentuk awan yang bisa mendatangkan hujan, namun kondensasi uap air yang terjadi di bumi sebagian besar adalah hasil penguapan dari lautan. Untuk buatan seperti ini belum bisa dibuktikan.

Terlepas dari hal ini bisa mendatangkan hujan atau tidak, kabar tersebut kembali ditegaskan bukan berasal dari BMKG. Hendaknya masyarakat dan netizen menyaring dan memastikan kembali informasi yang didapat sebelum disebarluaskan.

(rei)

  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)