SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ramai Himbauan Baskom Air Garam Untuk Datangkan Hujan, Ini Jawaban BMKG

Kamis, 22 Oktober 2015 09:54 by reinasoebisono | 1900 hits
Ramai Himbauan Baskom Air Garam Untuk Datangkan Hujan, Ini Jawaban BMKG
Image source: centroone.c

DREAMERSRADIO.COM - Beberapa hari terakhir, himbauan di media sosial dan pesan berantai di layanan aplikasi chatting tentang meletakkan wadah berisi air garam beredar luas. Sebagian warga di daerah Pontianak mengklaim hal ini mampu mendatangkan hujan walau hanya sebentar.

Info yang diklaim berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) itu dilakukan secara serentak oleh warga di beberapa daerah yang terkena kabut asap. Terkait isu tersebut, BMKG membantah informasi tersebut bermula dari lembaga tersebut.

BMKG menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dari BMKG karena bukti keilmiahannya pun belum ada. Mengutip Viva, BMKG mengeluarkan sebuah pernyataan yang ditulis di laman resmi Facebook BMKG.


Kebakaran hutan yang belum mendapat solusi selama lebih dari 4 bulan (d7news.com)

“Penguapan air dari baskom yang terjadi (meskipun jumlah baskom berisi air dalam jumlah banyak) sangat jauh dari memadai bila dibandingkan dengan jumlah uap air hasil penguapan yang diperlukan untuk proses kondensasi pembentukan awan di atmosfer,” tulis Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Yunus S. Swarinito.

Baca juga: Viral Sekelompok Orang Bermain Golf di Samping Hutan yang Terbakar Hebat

Penguapan air yang banyak memang mampu membentuk awan yang bisa mendatangkan hujan, namun kondensasi uap air yang terjadi di bumi sebagian besar adalah hasil penguapan dari lautan. Untuk buatan seperti ini belum bisa dibuktikan.

Terlepas dari hal ini bisa mendatangkan hujan atau tidak, kabar tersebut kembali ditegaskan bukan berasal dari BMKG. Hendaknya masyarakat dan netizen menyaring dan memastikan kembali informasi yang didapat sebelum disebarluaskan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)