SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Topik Sensitif Ini Tidak Boleh Dibahas Sepanjang Acara Reuni Korsel-Korut

Minggu, 18 Oktober 2015 20:16 by reinasoebisono | 1521 hits
Topik Sensitif Ini Tidak Boleh Dibahas Sepanjang Acara Reuni Korsel-Korut
Image source: CNN

DREAMERSRADIO.COM - Pekan depan, ratusan anggota keluarga Korea yang terpisah antara Korea Selatan dan Utara akan berkesempatan bertemu kembali dalam waktu beberapa hari. Setelah perundingan dan ancaman antar kedua pihak, acara reunian tahun ini akan kembali dilaksanakan.

Acara ini melibatkan 90 warga Korsel dan 96 warga Korut yang akan dipertemukan di aula besar di zona netral militer dan mendapat pengawasan ketat para pejabat. Sebelumnya, sebanyak 66 ribu orang ikut mendaftar untuk acara ini.

Reuni ke-20 kali ini memiliki syarat yang harus dipenuhi oleh peserta yang hadir, yaitu sama sekali tidak boleh membahas hal-hal yang berbau politik. Bahkan sebuah buku panduan diberikan untuk mereka.

Hal ini dirasa mempersempit topik pembicaraan antar keluarga nanti. Hingga beberapa orang tidak mengerti harus membahas apa saat reuni. Karena bukan hanya politik, tapi taraf hidup dan hal-hal yang berkaitan dengan Korea Utara dilarang untuk dibahas.

Baca juga: Reunian, Foto 3 Mantan Member I.O.I Ini Justru Dikritik Netizen

Buku panduan yang dibuat oleh Palang Merah, yang menyelenggarakan reuni itu, meminta partisipan dari Korea Selatan untuk tidak meminta jawaban soal kepemimpinan di Korea Utara atau standar kehidupan mereka, mengutip CNN.

“Anda tak bisa menanyakan apapun yang Anda mau. Ini bukan reuni, ini hanya pertemuan yang diatur,” kata Ahn Yoon Joon yang telah berusia 86 tahun.

Setiap acara reuni, begitu banyak orang-orang dari Korea Selatan maupun Utara yang ingin bertemu kembali dengan saudara terdekat mereka setelah terpisah puluhan tahun. Namun seringkali hal ini dihalangi oleh menuanya usia ataupun keluarga yang telah meninggal karena terlalu lama menunggu undian menang reuni datang kepada mereka.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)