home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lakukan 15 Tahun Penelitian, Ilmuwan Ini Klaim Temukan Vaksin HIV/AIDS

Jumat, 16 Oktober 2015 23:00 by fzhchyn | 2693 hits
Lakukan 15 Tahun Penelitian, Ilmuwan Ini Klaim Temukan Vaksin HIV/AIDS
Image source: bhumijalife

DREAMERSRADIO.COM - Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan atau membunuh virus HIV yang menyebabkan penyakit AIDS. Tapi sebuah pengakuan mengejutkan datang dari seorang ilmuwan asal Amerika Serikat yang mengatakan telah menemukan vaksin untuk virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh tersebut.

Ialah Dr Robert Gallo, seorang ilmuwan yang berhasil menemukan virus HIV yang menyebabkan AIDS pada 1984. Ia juga yang mempelopori tes darah untuk mendeteksinya. Gallo bersama timnya di School of Medicine Institute of Human Virology University of Maryland akan memulai tes pada manusia bulan ini untuk mengidentifikasi potensi revolusi vaksin HIV.

"Hasil tes pada monyet yang dilakukan sebelum ini adalah mengesankan, tapi itu tidak akan sempurna jika hanya melakukan tes pada monyet. Jadi kami butuhkan tes untuk manusia," kata Gallo, mengutip laman Tempo.

Baca juga: Menurut Studi, Kekebalan Tubuh Tertentu Dapat Melawan HIV

Meskipun banyak vaksin lain menargetkan jenis tertentu HIV, vaksin yang dikembangkan adalah dengan membatasi virus HIV sebelum menyerang sel-sel T. Sebab, jika virus mulai menyerang sel tersebut, ia akan menjadi sulit diidentifikasi pada sistem imun tubuh dan sulit untuk diobati.

Seperti diberitakan Metro.co.uk pada 15 Oktober 2015, Gallo menuturkan vaksin HIV/AIDS yang dibuat untuk "mengikat" virus selama infeksi dapat dinetralkan. “Kami percaya mekanisme ini adalah prasyarat utama vaksin HIV yang efektif.”

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)