SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tembakan Rudal Rusia Resmi Jadi Penyebab Jatuhnya Malaysia Airlines MH17

Rabu, 14 Oktober 2015 10:28 by zia92 | 1702 hits
Tembakan Rudal Rusia Resmi Jadi Penyebab Jatuhnya Malaysia Airlines MH17
Image source: AP

DREAMERSRADIO.COM - Selama lebih setahun dilakukan penyelidikan, akhirnya penyebab jatuh dan hancurnya pesawat Malaysia Airlines MH17 resmi diumumkan. Badan Keselamatan Belanda secara resmi telah mengesahkan bahwa pesawat MH17 ditembak jatuh di Ukraina timur dengan rudal BUK buatan Rusia.

Pada Selasa (13/10), Badan Keselamatan Belanda menyampaian laporan final tentang kecelakaan yang menewaskan 298 penumpang dan kru tresebut.

Namun hasil investigasi tersebut tidak menyebutkan siapa yang meluncurkan rudal pada 17 Juli 2014 silam, saat pesawat itu dalam perjalanan dari Amsterdam menuju ke Kuala Lumpur, seperti mengutip laman Tempo.

Ketua Badan Keselamatan Belanda Tjibbe Joustra mengatakan rudal itu diluncurkan dari area seluas 320 kilometer persegi. "Pesawat itu hancur dengan serpihan tersebar seluas 50 kilometer persegi," ucap Joustra, seperti dilansir BBC pada Selasa (13/10).

Dalam laporan itu, Joustra juga mengkonfirmasi bahwa tiga awak pesawat tewas di dalam kokpit terkena serpihan rudal tersebut. Joustra juga membantah asumsi bahwa ada bom di dalam pesawat, serangan ke udara, atau tabrakan meteor.

Baca juga: Analisa Para Pakar Sebut Pesawat Malaysia Airlines MH370 'Sengaja Ditenggelamkan'

"Serpihan berdampak tinggi dari rudal ditemukan dalam tubuh awak kapal yang tewas dalam kokpit. Serpihan juga ditemukan di dalam kokpit yang terdeteksi melalui cat yang dikaitkan dengan bagian depan BUK," ujarnya.

Joustra juga menegaskan, pemerintah Rusia telah menolak dan memprotes hasil investigasi tersebut. "Namun Badan Keselamatan menolak protes itu. Badan Keselamatan sudah mengkaji sedalam-dalamnya komentar yang diberikan Federasi Rusia," tuturnya.

Masukan protes Rusia itu dilampirkan dalam laporan tersebut. Laporan itu juga berisi peta lokasi pesawat jatuh. Bangkai pesawat itu tersebar di daerah dekat perkampungan Garabovo di Ukraina timur yang dikendalikan kelompok separatis pro-Rusia.

(fzh)

  • HOT !
    Setelah pembatalan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, pihak Korea Selatan ternyata melakukan pertemuan dengan Kim Jing Un....
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)