SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Warga, Belasan Orangutan Juga Terkena ISPA Akibat Kabut Asap

Senin, 12 Oktober 2015 23:00 by zia92 | 1475 hits
Tak Hanya Warga, Belasan Orangutan Juga Terkena ISPA Akibat Kabut Asap
Image source: ANTARA

DREAMERSRADIO.COM - Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan telah menyebabkan kabut asap yang mengganggu sistem pernapasan warga setempat. Dan yang lebih memprihatinkan, ternyata banyak juga satwa yang ikut mengalami dampaknya.

Seperti yang dilaporkan laman Tempo, Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) menyatakan sebanyak 16 satwa orangutan di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah ikut terpapar kabut asap kebakaran hutan. Mereka ini adalah para primate orangutan yang sedang menjalani proses rehabilitasi peliharaan.

“Ada 16 orangutan kami di Kalteng yang sudah terpapar asap kebakaran hutan,” kata Staf Humas BOSF, Nico Hermanu pada Minggu (11/10) kemarin.

Nico mengatakan kebakaran hutan di Kalteng sudah berjarak 600 meter dari lokasi hutan rehabilitasi orangutan BOSF. Asap kebakaran hutan secara otomatis sudah langsung mengganggu satwa-satwa yang sedang menjalani rehabilitasi peliharaan ini. “Kabut asap masih mengganggu, kalau pagi hari kabut asap sangat tebal,” ujar Nico.

Baca juga: Fenomena Merugikan Ini Dikhawatirkan Akan Ganggu Asian Games Palembang

Tak seperti manusia yang bisa menggunakan masker untuk terlindung dari kabut asap, orangutan tidak bisa menggunakan masker sehingga menyulitkan staf dalam hal penanganan. Sehingga BOSF terpaksa hanya bisa memberikan mereka suplemen tambahan guna melindungi orangutan dari bahaya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Perlindungan dini ini, menurut Nico, memungkinkan agar ke depan para orangutan tetap memiliki kesehatan prima kala dilepas ke habitat aslinya. Namun, orangutan yang sakit paru-paru terpaksa tetap dipelihara di hutan-hutan rehabilitasi BOSF. “Orangutan yang sakit terpaksa dipelihara selamanya di BOSF,” ujarnya.

(fzh)

  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sejak 8 14 Oktober 2018. Sempat dikritik menghamburkan uang negara,gelaran akbar ini justru diklaim mendapat respon positif dari negara negara asing. ...
  • HOT !
    Partai Gerindra resmi mempolisikan aktivis Ratna Sarumpaet akibat kasus hoax penganiayaan yang menimpa dirinya. Gerindra menyebutkan bahwa itu merupakan risiko dari tindakan Ratna....
  • HOT !
    Dikarenakan hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet, Partai Golkar menyebutkan bahwa Prabowo Subianto dan tim suksesnya sudah kehilangan kredibilitas. Golkar mengungkit latar belakang Prabowo di dunia militer mengenai sikap atas kasus Ratna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)