SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Warga, Belasan Orangutan Juga Terkena ISPA Akibat Kabut Asap

Senin, 12 Oktober 2015 23:00 by zia92 | 1424 hits
Tak Hanya Warga, Belasan Orangutan Juga Terkena ISPA Akibat Kabut Asap
Image source: ANTARA

DREAMERSRADIO.COM - Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah Kalimantan telah menyebabkan kabut asap yang mengganggu sistem pernapasan warga setempat. Dan yang lebih memprihatinkan, ternyata banyak juga satwa yang ikut mengalami dampaknya.

Seperti yang dilaporkan laman Tempo, Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) menyatakan sebanyak 16 satwa orangutan di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah ikut terpapar kabut asap kebakaran hutan. Mereka ini adalah para primate orangutan yang sedang menjalani proses rehabilitasi peliharaan.

“Ada 16 orangutan kami di Kalteng yang sudah terpapar asap kebakaran hutan,” kata Staf Humas BOSF, Nico Hermanu pada Minggu (11/10) kemarin.

Nico mengatakan kebakaran hutan di Kalteng sudah berjarak 600 meter dari lokasi hutan rehabilitasi orangutan BOSF. Asap kebakaran hutan secara otomatis sudah langsung mengganggu satwa-satwa yang sedang menjalani rehabilitasi peliharaan ini. “Kabut asap masih mengganggu, kalau pagi hari kabut asap sangat tebal,” ujar Nico.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

Tak seperti manusia yang bisa menggunakan masker untuk terlindung dari kabut asap, orangutan tidak bisa menggunakan masker sehingga menyulitkan staf dalam hal penanganan. Sehingga BOSF terpaksa hanya bisa memberikan mereka suplemen tambahan guna melindungi orangutan dari bahaya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Perlindungan dini ini, menurut Nico, memungkinkan agar ke depan para orangutan tetap memiliki kesehatan prima kala dilepas ke habitat aslinya. Namun, orangutan yang sakit paru-paru terpaksa tetap dipelihara di hutan-hutan rehabilitasi BOSF. “Orangutan yang sakit terpaksa dipelihara selamanya di BOSF,” ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)