SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ikut Terpapar Kabut Asap, Pariwisata Thailand Merugi

Senin, 12 Oktober 2015 14:10 by zia92 | 1517 hits
Ikut Terpapar Kabut Asap, Pariwisata Thailand Merugi
Image source: abc.net.au

DREAMERSRADIO.COM - Bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah di Indonesia tidak hanya merugikan Indonesia, Malaysia, dan Dingapura. Bahkan negara tetangga lainnya seperti Thailand juga kecipratan dampak buruknya.

Negeri Gajah Putih tersebut mengaku kehilangan pendapatan dari segi pariwisata, khususnya di Thailand bagian selatan yang sempat memburuk pada pekan lalu. Angkatan Udara Thailand bahkan sempat menyemprotkan air di wilayah padat penduduk di Provinsi Songkhla untuk melindungi kesehatan.

Gubernur Phuket, daerah wisata yang terparah terpapar asap, Chamroen Tipayapongtada, menyebutkan situasi kabut asap sudah menunjukkan tanda-tanda membaik. Dia mengatakan tak ada lagi penundaan penerbangan karena jarak pandang setelah 24 penerbangan menuju dan dari Phuket sempat ditunda pada Jumat pekan lalu.

Selain penerbangan, keluhan juga datang dari pihak penginapan dan hotel bahkan restoran. Misalnya pemilik Phuket Shunny Hostel di distrik Muang, Kannapat Wongtikied, yang menyebutkan 20 persen pemesanan kamar dibatalkan saat amuk kabut asap.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

“Puluhan tamu juga telah membatalkan paket turis satu mereka. Pendapatan bisnis saya jatuh 60 persen,” ujar Kannapat kepada The Straits Times, Jumat lalu, melansir Tempo.

Auraiwan Phuthong, yang menjalankan restoran Phong Phang, mengatakan harus membagikan masker ke para karyawan dan pelanggan buat menahan kabut asap. “Puluhan pelanggan juga tak makan ke restoran kami. Pendapatan kami merosot sekitar 30 persen selama sepekan,” ujar dia.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)