home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simpati Kabut Asap, Harian Republika Buramkan Halaman Depan Koran

Kamis, 08 Oktober 2015 19:30 by syaifan | 3023 hits
Simpati Kabut Asap, Harian Republika Buramkan Halaman Depan Koran
image source : dreamersra

DREAMERSRADIO.COM - Salah satu harian ternama di Indonesia, Republika hari ini (8/10) menampilkan sesuatu yang unik di halaman depan mereka. Di edisi terbarunya, Republika sengaja mengaburkan halaman depan mereka sebagai bentuk kritik kepada pemerintah sekaligus kepedulian akan kondisi sejumlah kota di Sumatera dan Kalimantan yang masih terkepung asap pekat.

Di halaman depannya, Republika menampilkan judul ‘Harga Solar Turun’ dilengkapi foto yang menggambarkan suasana rapat Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Di bagian tersebut, berita yang dicetak oleh Republika hampir sama sekali tidak bisa dibaca.

Di bagian bawah halaman depan, sebuah judul lain tertulis ‘Murid Korban Asap Terpaksa Sekolah’. Judul yang masih berkaitan erat dengan foto yang paling mengundang perhatian yakni sosok seorang bocah SD yang hendak pergi ke sekolah sambil menaiki sepeda dan menutup hidungnya agar tidak menghirup asap.


Halaman depan koran Republika edisi Kamis (8/10) yang tidak bisa dibaca karena diburamkan sebagai bentuk kritik sekaligus kepedulian terhadap korban kabut asap di Sumatera dan Kalimantan. (Ahdiar Syaifan)

“Hari ini Republika tampil beda sebagai bentuk simpati untuk para korban asap. Kita ingin tunjukan sikap kita yang sangat kuat mendorong persoalan asap agar ditangani lebih serius,” kata Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi, Kamis (8/10).

Baca juga: Bakal Rilis 2 Versi Album, Coldplay Promosi Lewat Koran

Tak hanya itu, menurutnya Republika ingin juga memberi sedikit pengalaman kepada pembaca betapa sulitnya melihat berita di tengah kepungan asap. Juga betapa sulitnya melihat kehidupan di sekitar kita saat asap tak kunjung reda.

Hal ini bisa terlihat dari sebuah tulisan kalimat di bagian bawah halaman depan koran yang berbunyi, “Saat tertutup asap semua berita menjadi sulit dibaca”.

Pemerintah Indonesia sendiri hingga saat ini masih berusaha menanggulangi asap yang mengepung banyak kota di wilayah Sumatera dan Kalimantan akibat pembakaran hutan yang dilakukan oleh oknum pengusaha kelapa sawit. Asap ini juga sudah diprotes oleh negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia karena juga ikut mengganggu aktifitas sehari-hari warga mereka.

(Syf)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)