SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabut Asap Ganggu Proses Belajar, Kalender Akademik Dijadwal Ulang

Kamis, 08 Oktober 2015 11:40 by zia92 | 1237 hits
Kabut Asap Ganggu Proses Belajar, Kalender Akademik Dijadwal Ulang
Image source: okezone.com

DREAMERSRADIO.COM - Bencana kabut asap mengakibatkan terganggunya berbagai aktivitas, termasuk kegiatan belajar-mengajar di Sumatera. Banyaknya sekolah yang diliburkan karena paparan kabut asap yang semakin tebal ini tentu mengganggu proses belajar para siswa yang berada di lokasi bencana asap.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan tiga skenario penanganan untuk proses belajar para siswa. Salah satunya adalah penjadwalan ulang kalender akademik.

Menurut Anies, para siswa akan digolongkan dalam tiga kategori berdasarkan tingkat gangguan belajarnya. "Kategori pertama adalah mereka yang mengalami proses kehilangan jam belajar kurang dari 15 hari," kata Anies di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (07/10), mengutip laman Tempo.

Kategori dua adalah siswa yang proses belajarnya terganggu 15-28 hari. Sedangkan kategori ketiga adalah sisiwa yang proses belajarnya terganggu lebih dari sebulan.

Baca juga: Pergi Ke Sekolah, Pangeran George Ditemani Pasukan Bersenjata

Pada setiap kategori, pemerintah menyiapkan solusi berbeda. Bahkan, jika diperlukan, akan ada penjadwalan ulang kalender akademik karena banyaknya hari libur. Diliburkannya proses belajar-mengajar bertujuan mengurangi aktivitas para siswa di luar rumah. Dengan demikian, asap yang mereka hirup juga bisa diminimalkan.

Sebaliknya, agar para siswa benar-benar tak ke luar rumah saat libur, dia mengimbau televisi membuat program yang mendidik supaya mereka lebih betah di rumah. "Ini juga peran para orang tua untuk mengawasi. Tugas negara menyiapkan tayangan yang baik, orang tua yang mengawasi."

Keselamatan dan kesehatan para siswa saat ini menjadi prioritas utama, dan kegiatan belajar-mengajar menjadi nomor dua. "Keputusan mengenai proses belajar-mengajar dilakukan lewat musyawarah kepala dinas dengan para pemangku kebijakan. Nah, ini sudah berjalan lima minggu," ujarnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)