SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabut Asap Ganggu Proses Belajar, Kalender Akademik Dijadwal Ulang

Kamis, 08 Oktober 2015 11:40 by zia92 | 1269 hits
Kabut Asap Ganggu Proses Belajar, Kalender Akademik Dijadwal Ulang
Image source: okezone.com

DREAMERSRADIO.COM - Bencana kabut asap mengakibatkan terganggunya berbagai aktivitas, termasuk kegiatan belajar-mengajar di Sumatera. Banyaknya sekolah yang diliburkan karena paparan kabut asap yang semakin tebal ini tentu mengganggu proses belajar para siswa yang berada di lokasi bencana asap.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan bahwa pemerintah sudah menyiapkan tiga skenario penanganan untuk proses belajar para siswa. Salah satunya adalah penjadwalan ulang kalender akademik.

Menurut Anies, para siswa akan digolongkan dalam tiga kategori berdasarkan tingkat gangguan belajarnya. "Kategori pertama adalah mereka yang mengalami proses kehilangan jam belajar kurang dari 15 hari," kata Anies di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Rabu (07/10), mengutip laman Tempo.

Kategori dua adalah siswa yang proses belajarnya terganggu 15-28 hari. Sedangkan kategori ketiga adalah sisiwa yang proses belajarnya terganggu lebih dari sebulan.

Baca juga: Pergi Ke Sekolah, Pangeran George Ditemani Pasukan Bersenjata

Pada setiap kategori, pemerintah menyiapkan solusi berbeda. Bahkan, jika diperlukan, akan ada penjadwalan ulang kalender akademik karena banyaknya hari libur. Diliburkannya proses belajar-mengajar bertujuan mengurangi aktivitas para siswa di luar rumah. Dengan demikian, asap yang mereka hirup juga bisa diminimalkan.

Sebaliknya, agar para siswa benar-benar tak ke luar rumah saat libur, dia mengimbau televisi membuat program yang mendidik supaya mereka lebih betah di rumah. "Ini juga peran para orang tua untuk mengawasi. Tugas negara menyiapkan tayangan yang baik, orang tua yang mengawasi."

Keselamatan dan kesehatan para siswa saat ini menjadi prioritas utama, dan kegiatan belajar-mengajar menjadi nomor dua. "Keputusan mengenai proses belajar-mengajar dilakukan lewat musyawarah kepala dinas dengan para pemangku kebijakan. Nah, ini sudah berjalan lima minggu," ujarnya.

(fzh)

  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku SMP tewas karena diduga nekat bunuh diri dengan lompat dari lantai 33 Apartemen Taman Rasuna, Setiabudi, Jakarta Selatan. Kronologi awal, ternyata siswi berusia 14 tahun berinisial AL itu tidak dapat ditemukan oleh ibunya....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)