SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kobaran Api Sudah Reda, Ini yang Menyebabkan Kabut Asap Sulit Ditangani

Rabu, 07 Oktober 2015 10:00 by zia92 | 1732 hits
Kobaran Api Sudah Reda, Ini yang Menyebabkan Kabut Asap Sulit Ditangani
Image source: republika.c

DREAMERSRADIO.COM - Selama ini mungkin kita bertanya-tanya mengapa bencana kebakaran hutan yang menyebabkan kabut asap di Sumatera dan Kalimantan tak kunjung padam meski pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Rupanya hal ini dikarenakan oleh karakteristik kebakaran hutan di Kalimantan dan Sumatera yang sangat terpusat dan titik api berada pada kedalaman tiga sampai lima meter di bawah tanah. ''Dipadamkan di atas sudah mati, ternyata di bawah itu ada rongga yang isinya bara api,'' kata Siti di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa (06/10) melansir laman Tempo.

Siti mengatakan kondisi tersebut yang menyebabkan kepulan asap masih saja terjadi padahal kobaran api sudah mereda. Menurutnya, satu-satunya cara mengatasi kebakaran hutan tersebut yakni dengan membongkar bara yang berada di dalam tanah gambut, kemudian membasahinya.

Baca juga: Viral Sekelompok Orang Bermain Golf di Samping Hutan yang Terbakar Hebat

Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sedang mempertimbangkan teknologi baru dalam pemadaman asap, yaitu penggunaan air yang dicampur dengan flame freeze berupa tetrahedron.

Teknologi tersebut akan membuat api padam tanpa mengeluarkan asap. Sebab asap yang keluar dari pemadaman api akan langsung berubah menjadi wujud beku. Teknologi seperti ini, pernah digunakan dalam pemadaman kebakaran hutan di Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Tengah.

(fzh)

  • HOT !
    Sempat ‘mesra’ antara Presiden Jokowi dan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membuat spekulasi koalisi di Pilpres 2019 mendatang, hubungan itu kini kabarnya terusik dengan merenggangnya hubungan antar kedua partai....
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Setelah diberitakan dalam kondisi kritis pada pekan lalu karena berjuang melawan penyakit yang dideritanya, pimpinan alias bos perusahaan raksasa Korea Selatan, LG Group yang bernama Koo Bon Moo meninggal dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)