SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Kamis, 01 Oktober 2015 10:21 by zia92 | 1507 hits
Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers
Image source: sindonews.c

DREAMERSRADIO.COM - Kasidah Bin Asan, jemaah haji asal Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang tergabung dalam Kloter 1 Debarkasi Bandara Internasional Lombok diduga terserang virus Mers dengan kemiripan gejala. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Mataram, I Wayan Diantika mengatakan jemaah asal Desa Kuripan, Kabupaten Lombok Barat itu tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL), Selasa (29/9).

Saat melalui pemeriksaan kesehatan, Kasidah diketahui mengalami panas dalam suhu tinggi dan radang paru-paru.

"Sebelum balik ke Tanah Air, yang bersangkutan sudah melewati pemeriksaan kesehatan sebanyak dua kali, satu saat berada di Jeddah Arab Saudi, kedua di dalam pesawat, hasilnya normal. Barulah saat pemeriksaan ketiga di BIL, yang bersangkutan mengalami panas tinggi dan gejala radang paru-paru," jelasnya, di Mataram, dilansir Antara, Rabu (30/9).

Dia menuturkan untuk memastikan apa yang terjadi, tim kesehatan kemudian membawa Kasidah di pos kesehatan yang ada di bandara. Selama pemeriksaan, tim dokter memutuskan merujuk yang bersangkutan untuk diobservasi lebih lanjut di RSUP NTB.

Saat ini, kondisi pasien dalam keadaan normal, namun belum diperbolehkan pulang dengan alasan harus melalui tahap observasi selama 14 hari. Jika dalam jangka waktu 14 hari belum diketahui hasilnya dan aman, maka haji Kloter 1 NTB ini bisa diperkenankan pulang ke rumah.

"Sampai saat ini hasilnya belum bisa kita pastikan, karena tim dokter masih melakukan pemeriksaan. Tetapi jika dalam 14 hari hasilnya belum juga diketahui, maka sampel akan dikirim ke Jakarta," jelasnya.

Baca juga: Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Meski ada kemiripan gejala yang dialami Kasidah dengan virus Mers, bukan berarti apa yang diderita Kasidah akibat dari virus Mers. Melainkan, apa yang dilakukan tim medis semata-mata untuk kewaspadaan terhadap virus tersebut masuk ke Indonesia.

"Memang gejalanya ada kemiripan radang paru-paru. Tetapi bukan berarti terkena virus Mers," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau dan menganjurkan kepada para jemaah haji yang tiba di BIL untuk tidak lupa melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Bagi haji yang mengalami seperti itu, segera untuk melakukan cek kesehatan, sebagai antisipasi masuknya virus Mers di NTB," kata dia.

[dan]

Source:
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)