SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

Kamis, 01 Oktober 2015 10:21 by zia92 | 1480 hits
Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers
Image source: sindonews.c

DREAMERSRADIO.COM - Kasidah Bin Asan, jemaah haji asal Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang tergabung dalam Kloter 1 Debarkasi Bandara Internasional Lombok diduga terserang virus Mers dengan kemiripan gejala. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Mataram, I Wayan Diantika mengatakan jemaah asal Desa Kuripan, Kabupaten Lombok Barat itu tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL), Selasa (29/9).

Saat melalui pemeriksaan kesehatan, Kasidah diketahui mengalami panas dalam suhu tinggi dan radang paru-paru.

"Sebelum balik ke Tanah Air, yang bersangkutan sudah melewati pemeriksaan kesehatan sebanyak dua kali, satu saat berada di Jeddah Arab Saudi, kedua di dalam pesawat, hasilnya normal. Barulah saat pemeriksaan ketiga di BIL, yang bersangkutan mengalami panas tinggi dan gejala radang paru-paru," jelasnya, di Mataram, dilansir Antara, Rabu (30/9).

Dia menuturkan untuk memastikan apa yang terjadi, tim kesehatan kemudian membawa Kasidah di pos kesehatan yang ada di bandara. Selama pemeriksaan, tim dokter memutuskan merujuk yang bersangkutan untuk diobservasi lebih lanjut di RSUP NTB.

Saat ini, kondisi pasien dalam keadaan normal, namun belum diperbolehkan pulang dengan alasan harus melalui tahap observasi selama 14 hari. Jika dalam jangka waktu 14 hari belum diketahui hasilnya dan aman, maka haji Kloter 1 NTB ini bisa diperkenankan pulang ke rumah.

"Sampai saat ini hasilnya belum bisa kita pastikan, karena tim dokter masih melakukan pemeriksaan. Tetapi jika dalam 14 hari hasilnya belum juga diketahui, maka sampel akan dikirim ke Jakarta," jelasnya.

Baca juga: Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Meski ada kemiripan gejala yang dialami Kasidah dengan virus Mers, bukan berarti apa yang diderita Kasidah akibat dari virus Mers. Melainkan, apa yang dilakukan tim medis semata-mata untuk kewaspadaan terhadap virus tersebut masuk ke Indonesia.

"Memang gejalanya ada kemiripan radang paru-paru. Tetapi bukan berarti terkena virus Mers," katanya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau dan menganjurkan kepada para jemaah haji yang tiba di BIL untuk tidak lupa melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Bagi haji yang mengalami seperti itu, segera untuk melakukan cek kesehatan, sebagai antisipasi masuknya virus Mers di NTB," kata dia.

[dan]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)