SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Joko Widodo Pilih Tiongkok Garap Proyek Kereta Cepat, Jepang Merasa 'Sakit Hati'

Rabu, 30 September 2015 19:55 by Dits | 2169 hits
Presiden Joko Widodo Pilih Tiongkok Garap Proyek Kereta Cepat, Jepang Merasa 'Sakit Hati'
Image source: dream.co.id

DREAMERSRADIO.COM - Jepang dan Tiongkok telah berlomba selama berbulan-bulan mendapatkan proyek kereta cepat di Indonesia. Dua negara dengan ekonomi terbesar di Asia itu memiliki alasan sama untuk memperluas pengaruhnya di kawasan Asia.

Sayangnya, pertarungan harus berakhir ketika pemerintah Indonesia telah memilih dengan negara mana proyek itu digarap. Tiongkok merupakan negara pilihan pemerintah Indonesia untuk proyek itu.

Jepang menyatakan keputusan itu merupakan sangat disesalkan. Indonesia awalnya telah menawarkan kepada Tiongkok dan Jepang untuk ikut dalam pembangunan kereta berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung.

Namun, pada pertengahan bulan ini, pemerintah mengubah proyeknya menjadi pembangunan kereta dengan kecepatan menengah. Tiongkok dan Jepang mengajukan permohonan barunya.

Juru bicara Jepang Yoshihide Suga menyebut, utusan pemerintah Indonesia telah menyampaikan bahwa permohonan Jepang ditolak.

Baca juga: Band Muse Dikabarkan Lakukan Proses Rekaman di Klaten!

"Jepang menawarkan usulan terbaik. Tapi utusan Indonesia datang dan menyampaikan bahwa mereka telah menerima usulan Tiongkok. Saya tidak mengerti sama sekali, saya katakan kepada utusan itu bahwa itu sangat disesalkan," ujar Suga seperti dikutip dari Arab News, Rabu, 30 September 2015.

Menurut Suga, utusan dari Indonesia itu menyatakan, pemerintah RI menyetujui proposal dari Tiongkok. Alasannya, Negeri Tirai Bambu itu menjanjikan sebuah proyek yang tidak melibatkan pemerintah Indonesia. Baik dari segi beban keuangan maupun dari segi penjaminan.

"Ini adalah usulan terbaik bagi negara," ujar utusan dari Indonesia kepada Suga.

Hal ini telah dikonfirmasi Menteri BUMN Rini Soemarmo yang menyatakan, Jepang telah kehilangan kesempatan mendapatkan menggarap proyek itu, karena Jepang meminta adanya penjaminan dari pemerintah.

Keputusan ini sangat mematahkan hati Jepang, karena sebelumnya Presiden Joko Widodo menggadang-gadangkan negara dengan reputasi pembuat kereta kelas dunia itu untuk membangun jalur kereta api cepat di Indonesia. 

Source:
  • HOT !
    Perpres Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, resmi diteken oleh Presiden Jokowi. Yang terbaru, Perpres tersebut mengatur hak keuangan para kepala dan anggotanya. Perpres No 42 Tahun 2018 ini mengatur tentang hak keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di mana Kepala BPIP diduduki oleh Megawati Soekarnoputri dengan hak keuangan mencapai Rp112 juta....
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)