SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tangani Bencana Kabut Asap, Malaysia dan Singapura Tawarkan Bantuan Militer

Rabu, 30 September 2015 13:56 by zia92 | 1370 hits
Tangani Bencana Kabut Asap, Malaysia dan Singapura Tawarkan Bantuan Militer
Image source: ANTARA

DREAMERSRADIO.COM - Bencana kabut asap yang terjadi akibat kebakaran lahan di Sumatera dan Kalimantan tak hanya berdampak pada warga setempat saja, tapi negara tetangga seperti Malaysia dan Sinagpura juga ikut merasakan.

Usaha untuk menghilangkan kabut asap selama beberapa pekan ini sepertinya belum dirasakan keberhasilannya, sehingga membuat pemerintah Malaysia dan Singapura menawarkan bantuan untuk Indonesia.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengaku telah membicarakan kerjasama ini dengan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

"Perlu usaha bersama mewujudkan itu. Hubungan saya dengan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Heng dan Ryamizard sangat dekat," kata Hishammuddin seperti yang dilansir Malay Mail, Selasa (29/9), mengutip laman Tempo.

Selain Malaysia, tawaran bantuan militer mengatasi bencana kabut asap juga datang dari Singapura. Pemerintah Singapura dua kali menawarkan bantuan pasukan militer untuk memadamkan asap di Sumatera dan Kalimantan.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

Menteri Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air Singapura Vivian Balakrishnan menelepon Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar untuk mengirimkan pesawat C-130 dan pesawat Chinooks dengan maksud membuat hujan buatan. Namun tawaran itu kembali ditolak pemerintah.

Belakangan, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah Indonesia terbuka kepada negara mana pun termasuk Singapura jika ingin membantu memadamkan kebakaran hutan di Tanah Air untuk menghilangkan asap.

"Silahkan saja kami terbuka. Singapura bisa ikut lihat sendiri. Singapura, silahkan kalau mau membantu. Jangan hanya bicara," kata Wapres Jusuf Kalla di New York, Amerika Serikat, Minggu 27 September 2015.

(fzh)

  • HOT !
    Sempat ‘mesra’ antara Presiden Jokowi dan Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membuat spekulasi koalisi di Pilpres 2019 mendatang, hubungan itu kini kabarnya terusik dengan merenggangnya hubungan antar kedua partai....
  • HOT !
    Gunung Merapi mengalami tiga kali letusan freatik pada Senin (21/5) di mana statusnya yang di awal normal naik menjadi waspada pada pukul 23.00. Hal ini dilakukan karena adanya peningkatan aktivitas freatik yang diikuti dengan gempa VT dan gempa tremor....
  • HOT !
    Setelah diberitakan dalam kondisi kritis pada pekan lalu karena berjuang melawan penyakit yang dideritanya, pimpinan alias bos perusahaan raksasa Korea Selatan, LG Group yang bernama Koo Bon Moo meninggal dunia....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)