home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Cara Indonesia Mengidentifikasi Jenazah Korban Tragedi Mina

Selasa, 29 September 2015 18:09 by reinasoebisono | 4825 hits
Ini Cara Indonesia Mengidentifikasi Jenazah Korban Tragedi Mina
Image source: Tempo.co

DREAMERSRADIO.COM - Pemerintah Indonesia sedang fokus pada upaya pencarian jemaah yang belum kembali ke maktab haji dan melanjutkan indentifikasi jenazah korban tragedi Mina yang terjadi pada minggu lalu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) berhasil mengidentifikasi 45 jenazah. Di mana 41 jenazah adalah jemaah haji Indonesia dan 4 jenazah WNI yang bermukim di Mekkah.

Proses identifikasi adalah prioritas utama baru nanti selanjutnya proses evaluasi dilakukan untuk mencari tahu pasti penyebab terjadinya tragedi Mina. Lukman menjelaskan via laman Tempo, bahwa PPIH telah bergerak cepat dan membentuk layanan hotline +966543603154 untuk sarana komunikasi bagi mereka yang ingin mengetahui keberadaan keluarganya di tanah suci.

Lukman juga sudah bernegosiasi dengan pihak Maishim (tempat dikumpulkannya para jenazah), juga memperkuat komunikasi dengan Arab Saudi hingga kepolisian.

Baca juga: Tragedi Mina Tahun Ini Tewaskan 2.110 Jamaah, Terparah dalam Sejarah

Tim PPIH melakukan identifikasi jenazah melalui 3 tahap. Pertama, mencocokkan foto yang dirilis pihak muaishim dengan data Siskohat dan e-hajj. Bila belum ada kesesuaian juga, langkah kedua adalah mengecek tanda identitas lain seperti gelang indentitas, tas paspor hingga pakaian.

Langkah terakhir jika masih ragu dengan proses identifikasi, tim PPIH Arab Saudi akan langsung melakukan cek fisik jenazah. Hingga kini korban tragedi Mina secara keseluruhan maupun dari jemaah Indonesia diperkirakan masih akan terus bertambah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)