SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Cara Indonesia Mengidentifikasi Jenazah Korban Tragedi Mina

Selasa, 29 September 2015 18:09 by reinasoebisono | 4699 hits
Ini Cara Indonesia Mengidentifikasi Jenazah Korban Tragedi Mina
Image source: Tempo.co

DREAMERSRADIO.COM - Pemerintah Indonesia sedang fokus pada upaya pencarian jemaah yang belum kembali ke maktab haji dan melanjutkan indentifikasi jenazah korban tragedi Mina yang terjadi pada minggu lalu.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, tim Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) berhasil mengidentifikasi 45 jenazah. Di mana 41 jenazah adalah jemaah haji Indonesia dan 4 jenazah WNI yang bermukim di Mekkah.

Proses identifikasi adalah prioritas utama baru nanti selanjutnya proses evaluasi dilakukan untuk mencari tahu pasti penyebab terjadinya tragedi Mina. Lukman menjelaskan via laman Tempo, bahwa PPIH telah bergerak cepat dan membentuk layanan hotline +966543603154 untuk sarana komunikasi bagi mereka yang ingin mengetahui keberadaan keluarganya di tanah suci.

Lukman juga sudah bernegosiasi dengan pihak Maishim (tempat dikumpulkannya para jenazah), juga memperkuat komunikasi dengan Arab Saudi hingga kepolisian.

Baca juga: Tragedi Mina Tahun Ini Tewaskan 2.110 Jamaah, Terparah dalam Sejarah

Tim PPIH melakukan identifikasi jenazah melalui 3 tahap. Pertama, mencocokkan foto yang dirilis pihak muaishim dengan data Siskohat dan e-hajj. Bila belum ada kesesuaian juga, langkah kedua adalah mengecek tanda identitas lain seperti gelang indentitas, tas paspor hingga pakaian.

Langkah terakhir jika masih ragu dengan proses identifikasi, tim PPIH Arab Saudi akan langsung melakukan cek fisik jenazah. Hingga kini korban tragedi Mina secara keseluruhan maupun dari jemaah Indonesia diperkirakan masih akan terus bertambah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)