home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tim Arkeolog Gali Candi Peninggalan Mataram Kuno Abad 10 di Semarang

Selasa, 29 September 2015 11:27 by fzhchyn | 6238 hits
Tim Arkeolog Gali Candi Peninggalan Mataram Kuno Abad 10 di Semarang
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (PPAN) melakukan proses penggalian terhadap situs atau benda purbakala yang diduga adalah bangunan candi Hindu era kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-10.

Penemuan situs itu terjadi di sebuah kebun warga Desa Duduhan, Kelurahan Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Bangunan candi awalnya sudah diketahui warga sejak lama. Namun, posisi candi tertutup oleh gundukan tanah dan pepohonan milik warga bernama Sutopo, warga RT 4 RW V, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

"Bahkan, warga pernah menemukan adanya arca Ganesha dan Nanji yang merupakan perlambang patung Hindu. Situs candi Hindu yang diduga peninggalan Mataram Kuno di Jawa Tengah itu berukuran 9,3 X 9,3 meter. Pada tahun 1976 silam dugaan situs ini pernah di survei oleh pusat arkeologi. Namun kali ini baru bisa di penggalian dan diteliti lebih jauh," tegas Koordinator Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Agustijanto kepada wartawan di sela-sela proses penggalian Senin (28/9).

Tim penggalian itu merupakan gabungan yang terdiri dari 5 orang anggota PPAN, 1 mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan 2 mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.


Image source: merdeka.com

Agustijanto menjelaskan untuk mengetahui bentuk asli dan penanggalannya, tim akan melakukan penggalian temuan itu selama enam hari ke depan yang dimulai pada Jumat (25/9) hingga Selasa (29/9).

"Kita mencari bagian dasar dengan cara digali dan sedikit demi sedikit untuk mengetahui sebagian tubuh candi. Dilihat dari ukurannya, kemungkinan bujur sangkar dan termasuk candi ukuran sedang," jelasnya.

Baca juga: Heboh Mobil Tabrak Candi di Malang, Supir Diduga Halusinasi

Meski sudah memperkirakan bentuk candi dan jenisnya, pihaknya belum berani membeberkan apakah benar situs itu merupakan candi Hindu era Mataram Kuno.

"Harus dilakukan kajian terhadap materi bahan candi yang berupa batu bata dan motifnya. Biasanya khas candi Hindu seperti Candi Dieng, Prambanan dan Candi Gedong Songo memiliki bangun Lingga Yoni sebagai perwujudan Dewa Shiwa, Nandi (patung sapi) dan Ratna di bagian puncak candi," paparnya.

Agustijanto menduga berdirinya candi ini sejalan dengan masuknya hindu ke Jateng melalui Kawasan Pantai Utara yaitu khususnya jalur pantai dari Semarang sampai Kendal.

"Kita akan kaji dulu di laboratorium menggunakan arang dan karbon. Bahan itu yang nantinya akan diketahui tanggal absolutnya," bebernya.

Untuk materi yang ditemukan sementara selama proses evakuasi berlangsung selama tiga hari ini ada sejumlah bagian penting. Seperti profile batu bata bentuk gerigi segitiga dan profile badan candi berbagai ukuran.

"Jika ada unsur itu, maka ada indikasi dan besar kemungkinan candi yang ditemukan merupakan candi Mataram Kuno bergaya seni Jawa Tengah pada abad ke 10," pungkasnya.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)