SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Ambang Kepunahan, Koala- Koala Kini Dipasangi GPS

Minggu, 27 September 2015 18:53 by reinasoebisono | 9781 hits
Di Ambang Kepunahan, Koala- Koala Kini Dipasangi GPS
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Bukan hanya kendaraan yang dipasangi alat bantu berkendara seperti GPS, kini hewan-hewan yang dilindungi pun dipasangi GPS untuk menekan angka kematian yang mengakibatkan spesies teersebut punah.

Pemerintah negara bagian New South Wales, Australia memasang GPS untuk mendeteksi keberadaan hewan khas Australia tersebut. Hal ini dilakukan karena jumlah koala menurun drastis sejak 20 tahun terakhir.

Kini, hanya tersisa 200 ekor koala saja di sana. Sudah sekitar 20 ekor koala yang dipasangi GPS. Proyek ini juga memakan biaya sebesar Rp 15 Miliar.


Koala Foxtrot yang telah dipasangi GPS (Republika)

"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan kejelasan mengenai konservasi yang dilakukan untuk melestarikan salah satu binatang paling terkenal di Australia ini." kata Menteri Lingkungan NSW Mark Speakman melansir Republika Online.

Alat ini bisa membantu peneliti melacak keberadaan koala, apa yang mereka makan hingga berapa jumlah mereka. Alat yang dipasang di leher koala ini diharapkan sudah terpasang seluruhnya pada bulan depan.

Proyek ini pertama kali dibuat sebenarnya karena bencana kebakaran hutan yang melanda daerah Yerrinbool-Balmoral pada tahun 2013 yang menyebabkan banyak koala mati dan bermigrasi ke tempat yang tidak terdeteksi peneliti.

(rei)

  • HOT !
    Perpres Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, resmi diteken oleh Presiden Jokowi. Yang terbaru, Perpres tersebut mengatur hak keuangan para kepala dan anggotanya. Perpres No 42 Tahun 2018 ini mengatur tentang hak keuangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di mana Kepala BPIP diduduki oleh Megawati Soekarnoputri dengan hak keuangan mencapai Rp112 juta....
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
     Euforia mudik diprediksi mulai lebih awal karena libur dan cuti bersama dari pemerintah yang juga sudah ditetapkan dari beberapa hari sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba. Dan sudah jadi tradisi jika mudik identik dengan kemacetan....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)