SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Di Ambang Kepunahan, Koala- Koala Kini Dipasangi GPS

Minggu, 27 September 2015 18:53 by reinasoebisono | 9732 hits
Di Ambang Kepunahan, Koala- Koala Kini Dipasangi GPS
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Bukan hanya kendaraan yang dipasangi alat bantu berkendara seperti GPS, kini hewan-hewan yang dilindungi pun dipasangi GPS untuk menekan angka kematian yang mengakibatkan spesies teersebut punah.

Pemerintah negara bagian New South Wales, Australia memasang GPS untuk mendeteksi keberadaan hewan khas Australia tersebut. Hal ini dilakukan karena jumlah koala menurun drastis sejak 20 tahun terakhir.

Kini, hanya tersisa 200 ekor koala saja di sana. Sudah sekitar 20 ekor koala yang dipasangi GPS. Proyek ini juga memakan biaya sebesar Rp 15 Miliar.


Koala Foxtrot yang telah dipasangi GPS (Republika)

"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan kejelasan mengenai konservasi yang dilakukan untuk melestarikan salah satu binatang paling terkenal di Australia ini." kata Menteri Lingkungan NSW Mark Speakman melansir Republika Online.

Alat ini bisa membantu peneliti melacak keberadaan koala, apa yang mereka makan hingga berapa jumlah mereka. Alat yang dipasang di leher koala ini diharapkan sudah terpasang seluruhnya pada bulan depan.

Proyek ini pertama kali dibuat sebenarnya karena bencana kebakaran hutan yang melanda daerah Yerrinbool-Balmoral pada tahun 2013 yang menyebabkan banyak koala mati dan bermigrasi ke tempat yang tidak terdeteksi peneliti.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)