SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabut Asap Riau Tak Kunjung Hilang, 34.846 Warga Terjangkit ISPA

Minggu, 27 September 2015 10:13 by zia92 | 4896 hits
Kabut Asap Riau Tak Kunjung Hilang, 34.846 Warga Terjangkit ISPA
Image source: Antara

DREAMERSRADIO.COM - Semakin hari, kondisi udara di Riau bukan semakin baik, melainkan makin buruk. Seluruh warga mengeluhkan kabut asap yang masuk ke dalam rumah, warga tak tahu mau kemana lagi berlindung. Akibatnya, sebanyak 34.846 jiwa terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Berdasarkan laporan BMKG pada Sabtu (26/9) pukul 14.00 Wib, Indeks Standard Pencemaran Udara (ISPU) di beberapa kota di Riau berada pada level berbahaya, seperti kota Pekanbaru 401, kabupaten Kampar 419, Bengkalis 429, dan Siak 527. Nilai ini jauh di atas ambang batas minimum level berbahaya yaitu 350.

"Kualitas udara tersebut berkorelasi dengan jarak pandang. Setelah diamati, kabut asap sangat pekat dan siang hari cuaca terlihat kuning kecoklatan. Jarak pandang di Pekanbaru 500 meter," ujar Kepala Pusat Bidang Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kepada merdeka.com melalui pesan singkatnya.

Menurut Sutopo, kualitas udara yang buruk demikian berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Akibatnya, penderita ISPA setiap hari semakin bertambah, hari ini di Pekanbaru terdapat 34.846 jiwa menderita ISPA.

Baca juga: Fenomena Merugikan Ini Dikhawatirkan Akan Ganggu Asian Games Palembang

"Operasi darurat asap masih dilakukan, baik melalui udara, darat, penegakan hukum dan sosialiasi. Namun kebakaran masih terus berlangsung," jelas Sutopo.

Menyikapi pekatnya kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau yang semakin menjadi-jadi, Sutopo mengatakan hal itu dipengaruhi dua faktor penyebab.

"Pertama, api lama yang sudah padam, menyala kembali karena ada di lahan gambut. Yang kedua adalah dibakar lagi. Berdasarkan laporan di lapangan maupun pantauan satelit terlihat bahwa titik-titik api ada di daerah baru maupun daerah lama," pungkas Sutopo.

[rnd]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)