SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masuknya Rokok Kretek dalam RUU Kebudayaan Tuai Berbagai Kritik

Rabu, 23 September 2015 10:00 by zia92 | 3778 hits
Masuknya Rokok Kretek dalam RUU Kebudayaan Tuai Berbagai Kritik
Image source: rokokindone

DREAMERSRADIO.COM - Dalam draf Rencana Undang-undang (RUU) yang tengah dibahas oleh Badan Legislasi DPR, rokok kretek tradisional akan dimasukkan menjadi salah satu warisan budaya. Namun rupanya hal ini mendapat kritikan baik dari anggota DPR maupun aktivis kesehatan.

Jika rokok kretek tradisional ini tetap dimasukkan, konsekuensinya adalah pemerintah harus mensosialisasikan serta mempromosikan rokok tersebut. Menurut praktisi kesehatan, langkah ini sama saja dengan menyuruh anak-anak untuk merokok.

“Kretek kami masukkan dalam RUU Kebudayaan sebagai warisan budaya karena sifatnya yang unik. Tidak ada di dunia lain tradisi meramu tembakau dengan cengkeh kecuali di Indonesia,” kata Taufiqul Hadi, anggota Badan Legislasi dari Fraksi NasDem, Senin (21/9) mengutip laman Tempo.

Namun, tak semua anggota Badan Legislasi DPR mengetahui tentang masuknya pasal soal kretek sebagai warisan budaya dalam draf RUU Kebudayaan tersebut.

Tifatul Sembiring, anggota Badan Legislasi DPR dari Fraksi PKS kepada BBC Indonesia menyebut, masuknya pasal soal kretek dalam RUU Kebudayaan sebagai hal yang "mengada-ada" dan menurutnya, setiap orang berhak memberi usulan pada produk legislasi yang tengah dibahas.

Baca juga: Alasan Tetap Ada Asbak Meski Dilarang Keras Merokok di Dalam Pesawat

"Masyarakat juga belum banyak yang sadar ya, mendengar bahwa ini (kretek) dimasukkan. Anggota dewan saja banyak yang tidak tahu kalau tidak terlibat dalam pembicaraan atau pembahasan," katanya.

Mengingat semua fraksi belum membahasnya, lolos atau tidaknya rokok ktretek ini dalam RUU masih belum dipastikan. Menurut Tifatul, kretek sebaiknya masuk RUU Tembakau dan bukannya RUU Kebudayaan karena budaya dan kretek tidak memiliki hubungan.

Pihak lain yang menentang masuknya kretek dalam RUU Kebudayaan adalah Komisi Nasional Pengendalian Tembakau. “Mengapa mesti kretek? Keris saja tidak dimasukkan. Kenapa pula disebut khusus sebagai salah satu warisan budaya?” kata Kartono Mohamad, penasihat Komisi Nasional Pengendalian Tembakau.

(fzh)

  • HOT !
    Semakin banyak kejadian tidak biasa yang dilakukan oleh anak di bawah umur belakangan ini. Kali ini ada anak 15 tahun yang baru lulus SMP berinisial RV menjadi pelaku pembunuhan usai nekat menghabisi nyawa bocah 6 tahun hanya karena dendam kepada ibu korban....
  • HOT !
    Setelah mendapat angin segar dari pertemuan sejuk kedua pemimpin negara Korsel dan Korut yaitu Presiden Moon Jae In dan Kim Jong Un, publik penasaran dengan rencana pertemuan lanjutan Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump....
  • HOT !
    Sebuah video mendadak viral yang memperlihatkan seorang remaja pria berkacamata telanjang dada memegang foto Presiden Jokowi sembari memberikan kata kata bernada mengancam yang hebohkan media sosial....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)