SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Ditutup, Tiga Kampus di Tangsel Ini Tetap Gelar Wisuda

Senin, 21 September 2015 18:00 by zia92 | 10198 hits
Sudah Ditutup, Tiga Kampus di Tangsel Ini Tetap Gelar Wisuda
Image source: rabbiandrew

DREAMERSRADIO.COM - Meski statusnya sudah dinonaktifkan, tiga perguruan tinggi di Kota Tangerang Selatan, Banten ini tetap menggelar wisuda. Tiga perguruan tinggi tersebut berada di bawah satu yayasan, yaitu Yayasan Aldiana Nusantara.

Tiga kampus tersebut menggelar wisuda di Convention Center Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Tiga perguruan tinggi itu adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telematika, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tangerang, dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Suluh Bangsa.


Wisuda ilegal di Pondok Cabe (Image source: tempo.co)

Melansir laman CNN Indonesia, menurut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, wisuda tiga kampus yayasan tersebut diketahui setelah diadakan insepeksi mendadak pada Sabtu pekan lalu.

Jumlah mahasiswa yang akan diwisuda saat itu cukup banyak, yakni lebih dari 1.000 orang. Atas temuan ini, kementerian pimpinan Nasir sudah memanggil pengelola yayasan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Selain diminta untuk mengembalikan uang wisuda, pengelola yayasan juga diminta untuk tidak membagikan ijazah. Jika tetap dibagikan, maka ijazah akan dianggap palsu oleh Kemenristikdikti.

Baca juga: Pilar Gedung ITB Roboh Saat Wisuda, 6 Mahasiswa Menjadi Korban

Proses pembelajaran di tiga perguruan tinggi itu juga ternyata tidak jelas. Masa perkuliahan yang seharusnya ditempuh selama empat tahun, di tiga kampus tersebut paling lama hanya 18 bulan.

Nasir mengaku heran sebab meski perkuliahan tak jelas dan sudah dinonaktifkan, mereka tetap bisa menggelar wisuda. Oleh karena itu ia mengimbau agar masyarakat berhati-hati sehingga tak menjadi korban.

Menurut Nasir, Kemenristekdikti tak bisa mengawasi satu per satu kampus di Indonesia yang jumlahnya mencapai 4.000. Oleh sebab itu mereka terus melakukan sosialisasi agar kejadian serupa tak terulang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)