SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bawa Jam Rakitan Ke Sekolah, Remaja Muslim Ini Diinterogasi Karena Dianggap Bawa Bom

Kamis, 17 September 2015 11:26 by reinasoebisono | 4430 hits
Bawa Jam Rakitan Ke Sekolah, Remaja Muslim Ini Diinterogasi Karena Dianggap Bawa Bom
Image source: CNN

DREAMERSRADIO.COM - Reaksi rasisme kembali terjadi di Amerika Serikat. Seorang remaja muslim bernama Ahmed Mohamed diinterogasi polisi karena kedapatan membawa jam rakitan miliknya ke sekolahnya, MacArthur High School, Irving, Texas, Amerika yang disangka bom.

Ahmed termasuk anak jenius dan tertarik pada dunia mesin. Ia membawa jam rakitannya itu untuk ditunjukkan pada guru teknik mesinnya. Walau sang guru sudah mengingatkan agar mesin itu tidak terlihat oleh orang lain, entah bagaimana guru bahasa Inggris melihatnya.

Tak lama Ahmed dipanggil oleh kepala sekolah dan diinterogasi oleh polisi di sebuah ruangan. Polisi menuduhnya mesin itu adalah bom rakitan yang berkedok jam, namun Ahmed bersikeras menyanggahnya.


Ahmed Mohamed (BBC)

"Kami tidak memiliki informasi bahwa ia mengklaim itu adalah bom," ujar salah satu polisi menurut laman CNN. "Dia terus mempertahankan itu jam, tapi tidak ada penjelasan yang lebih luas (bahwa itu jam, bukan bom)."

Baca juga: Keluarga Remaja Muslim yang Jam Rakitannya Dikira Bom Tuntut Rp 205 Miliar!

Insiden yang dianggap rasisme dan islamophobia ini menjadi viral di internet terutama media sosial Twitter. Dukungan melalui hashtag #IStandWithAhmed pun mengalir deras setelah disinggung sebanyak 50.000 kali.

Pengguna Twitter Wajahat Ali, @WajahatAli menulis, "Sebagian besar anak-anak yang membuat jam dalam waktu 20 menit akan disambut sebagai Jimmy Neutron. Anak Muslim? Berpotensi membuat bom. Sedih. #IStandWithAhmed."

Ahmed pun mendapat hukuman skors selama 3 hari. Dewan hubungan Amerika-Islam juga mengatakan mereka tengah menyelidiki kasus ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un kerap menuai kritikan karena tindakan yang kontroversial sebagai pemimpin dunia. Menariknya, sejumlah kantor Korea Utara nampak sangat memuja sosok Kim Jong Un yang diklaim memiliki kekuatan super....
  • HOT !
    Memiliki kemampuan menguasasi berbagai bahasa memang sangat berguna, baik itu untuk karier ataupun bersosialisasi. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari berbagai bahasa di dunia dan ingin mengetahui apa yang paling cepat dan paling lama untuk dipelajari, Foreign Service Institute telah menyortir bahasa bahasa utama di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)