SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duduki Peringkat 12 Dunia, Militer Indonesia Jadi yang Terkuat di Asia Tenggara

Rabu, 16 September 2015 19:31 by zia92 | 15786 hits
Duduki Peringkat 12 Dunia, Militer Indonesia Jadi yang Terkuat di Asia Tenggara
Image source: irwan.net

DREAMERSRADIO.COM - Sempat anjlok ke posisi 19 akhir tahun lalu, posisi Indonesia kembali meningkat di survei lembaga analisa militer Global Firepower. Dalam daftar terbaru 2015, militer Indonesia dinobatkan di posisi 12, dan menjadi yang terkuat di Asia Tenggara.

Dikutip dari situs globalfirepower.com, Rabu (16/9), indeks kekuatan militer Indonesia kini senilai 0,5231. Di atas Australia (13), Italia (16) maupun Pakistan (17). Persis di atas Indonesia adalah Israel.

Global Firepower tidak melibatkan kepemilikan senjata nuklir sebagai nilai tambah alutsista sebuah negara. Pertimbangannya, agar kemampuan tempur suatu negara lebih obyektif dinilai. Demikian pula negara yang tidak punya laut tidak dianggap lebih lemah karena memiliki sedikit personel angkatan laut.

Beberapa kriteria yang dipakai Global Firepower misalnya jumlah personel aktif, alutsista tiga matra darat-laut-udara, anggaran pertahanan, cadangan energi, infrastruktur logistik, utang luar negeri, hingga pendapatan per kapita.

Baca juga: Pemuda yang Baku Hantam dengan Tentara karena Lempar Sampah Minta Maaf

Atas dasar itu, militer Indonesia mengungguli negara-negara seperti Iran, Ukraina, ataupun Polandia. Di Asia Tenggara, hanya Thailand (20) yang mendekati kekuatan militer TNI. Baru kemudian Vietnam (21), Singapura (26), Malaysia, dan paling bontot Laos (117).

Sementara itu, Amerika Serikat masih menempatkan diri sebagai negara paling adikuasa dalam bidang pertahanan. Menyusul di belakangnya Rusia dan China. Konfigurasi ini tidak berubah dari daftar yang dirilis sebelumnya. Total ada 126 negara yang disurvei kekuatan militernya.

Berikut daftar 20 kekuatan militer dunia versi Global Fire Power:
1. Amerika Serikat
2. Rusia
3. China
4. India
5. Inggris
6. Prancis
7. Korea Selatan
8. Jerman
9. Jepang
10. Turki
11. Israel
12. Indonesia
13. Australia
14. Kanada
15. Taiwan
16. Italia
17. Pakistan
18. Mesir
19. Polandia
20. Thailand

[ard]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)