home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duduki Peringkat 12 Dunia, Militer Indonesia Jadi yang Terkuat di Asia Tenggara

Rabu, 16 September 2015 19:31 by zia92 | 16106 hits
Duduki Peringkat 12 Dunia, Militer Indonesia Jadi yang Terkuat di Asia Tenggara
Image source: irwan.net

DREAMERSRADIO.COM - Sempat anjlok ke posisi 19 akhir tahun lalu, posisi Indonesia kembali meningkat di survei lembaga analisa militer Global Firepower. Dalam daftar terbaru 2015, militer Indonesia dinobatkan di posisi 12, dan menjadi yang terkuat di Asia Tenggara.

Dikutip dari situs globalfirepower.com, Rabu (16/9), indeks kekuatan militer Indonesia kini senilai 0,5231. Di atas Australia (13), Italia (16) maupun Pakistan (17). Persis di atas Indonesia adalah Israel.

Global Firepower tidak melibatkan kepemilikan senjata nuklir sebagai nilai tambah alutsista sebuah negara. Pertimbangannya, agar kemampuan tempur suatu negara lebih obyektif dinilai. Demikian pula negara yang tidak punya laut tidak dianggap lebih lemah karena memiliki sedikit personel angkatan laut.

Beberapa kriteria yang dipakai Global Firepower misalnya jumlah personel aktif, alutsista tiga matra darat-laut-udara, anggaran pertahanan, cadangan energi, infrastruktur logistik, utang luar negeri, hingga pendapatan per kapita.

Baca juga: Merakyat Banget, KPK Rilis Daftar Harta Kekayaan Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang Tarik Perhatian

Atas dasar itu, militer Indonesia mengungguli negara-negara seperti Iran, Ukraina, ataupun Polandia. Di Asia Tenggara, hanya Thailand (20) yang mendekati kekuatan militer TNI. Baru kemudian Vietnam (21), Singapura (26), Malaysia, dan paling bontot Laos (117).

Sementara itu, Amerika Serikat masih menempatkan diri sebagai negara paling adikuasa dalam bidang pertahanan. Menyusul di belakangnya Rusia dan China. Konfigurasi ini tidak berubah dari daftar yang dirilis sebelumnya. Total ada 126 negara yang disurvei kekuatan militernya.

Berikut daftar 20 kekuatan militer dunia versi Global Fire Power:
1. Amerika Serikat
2. Rusia
3. China
4. India
5. Inggris
6. Prancis
7. Korea Selatan
8. Jerman
9. Jepang
10. Turki
11. Israel
12. Indonesia
13. Australia
14. Kanada
15. Taiwan
16. Italia
17. Pakistan
18. Mesir
19. Polandia
20. Thailand

[ard]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Gilang, fetish kain jarik akhirnya berhasil ditangkap pihak kepolisian. Gilang ditangkap saat berada di kampung halamannya, Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis (6/8/2020)....
  • HOT !
    Presiden Amerika Serikat Donald Trump adalah satu dari para tokoh yang masih meremehkan bahaya dari COVID 19. Bahkan hal itu diucapkannya dalam sesi wawancara bersama dengan Fox News beberapa waktu lalu....
  • HOT !
    Beberapa wilayah di Korea Selatan, termasuk ibukota Seoul, diguyur hujan lebat sejak akhir pekan kemarin. Hal itu membuat air sungai Han meluap dan membuat sejumlah wilayah mengalami banjir bandang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)