home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Insiden Jatuhnya Crane, Pembangunan Masjidil Haram Menjadi Sorotan

Senin, 14 September 2015 09:28 by reinasoebisono | 8835 hits
Insiden Jatuhnya Crane, Pembangunan Masjidil Haram Menjadi Sorotan
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Pasca tragedi jatuhnya crane konstruksi pembangunan Masjidil Haram di Mekkah, kini pembangunan masjid terbesar di dunia tersebut tengah menjadi sorotan publik. Indonesia pun menjadi salah satu yang mengkritik.

Hal ini dikarenakan ada 7 calon haji asal Indonesia yang menjadi korban tewas insiden yang terjadi pada Jumat (11/09) malam itu. Ketua Pimpinan Pusat Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia yang bernaung di bawah Nahdlatul Ulama, Agus Sunyoto pun angkat bicara.

“Ketika musim haji, seharusnya pembangunan dihentikan, tidak diteruskan begitu. Ini kan (menyangkut) keselamatan banyak orang. Akhirnya ketika terjadi kecelakaan kerja, jemaah yang jadi korban, banyak,” ujar Agus mengutip BBC.


Crane yang jatuh di Masjidil Haram (BBC)

Pembangunan Masjidil Haram juga menuai kritikan karena dianggap menghilangkan peninggalan sejarah untuk memperluas area masjid. Agus Sunyoto mengatakan rumah istri pertama Nabi Muhammad SAW dijadikan WC umum yang mampu menampung 1.400 orang.

Baca juga: Begini Kronologi Mobil yang Tabrak Masjidil Haram, Supir Diduga Mabuk

Masjidil Haram memang mengalami peningkatan kapasitas yang pesat. Sejak 2012, masjid itu mampu menampung 3 juta jamaah, ditargetkan pada 2020 nanti mega proyek tersebut selesai dan mampu menampung 4 juta umat muslim dunia.

Walaupun begitu, beberapa calon jamaah haji yang berada di lokasi kejadian mengaku tidak trauma dan merasa aman pasca insiden tersebut.

“Kalau ingat kejadian itu, saya mau menangis rasanya. Tapi, Alhamdulillah saya nggak khawatir. Karena saya yakin kita pasti dilindungi Allah. Lalu pemerintah Arab Saudi juga pasti telah melakukan koreksi sana-sini, katanya." ujar Syaiful Azwar, WNI yang berada 15 meter dari lokasi jatuhnya crane.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)