SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Insiden Jatuhnya Crane, Pembangunan Masjidil Haram Menjadi Sorotan

Senin, 14 September 2015 09:28 by reinasoebisono | 8712 hits
Insiden Jatuhnya Crane, Pembangunan Masjidil Haram Menjadi Sorotan
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Pasca tragedi jatuhnya crane konstruksi pembangunan Masjidil Haram di Mekkah, kini pembangunan masjid terbesar di dunia tersebut tengah menjadi sorotan publik. Indonesia pun menjadi salah satu yang mengkritik.

Hal ini dikarenakan ada 7 calon haji asal Indonesia yang menjadi korban tewas insiden yang terjadi pada Jumat (11/09) malam itu. Ketua Pimpinan Pusat Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia yang bernaung di bawah Nahdlatul Ulama, Agus Sunyoto pun angkat bicara.

“Ketika musim haji, seharusnya pembangunan dihentikan, tidak diteruskan begitu. Ini kan (menyangkut) keselamatan banyak orang. Akhirnya ketika terjadi kecelakaan kerja, jemaah yang jadi korban, banyak,” ujar Agus mengutip BBC.


Crane yang jatuh di Masjidil Haram (BBC)

Pembangunan Masjidil Haram juga menuai kritikan karena dianggap menghilangkan peninggalan sejarah untuk memperluas area masjid. Agus Sunyoto mengatakan rumah istri pertama Nabi Muhammad SAW dijadikan WC umum yang mampu menampung 1.400 orang.

Baca juga: Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Masjidil Haram memang mengalami peningkatan kapasitas yang pesat. Sejak 2012, masjid itu mampu menampung 3 juta jamaah, ditargetkan pada 2020 nanti mega proyek tersebut selesai dan mampu menampung 4 juta umat muslim dunia.

Walaupun begitu, beberapa calon jamaah haji yang berada di lokasi kejadian mengaku tidak trauma dan merasa aman pasca insiden tersebut.

“Kalau ingat kejadian itu, saya mau menangis rasanya. Tapi, Alhamdulillah saya nggak khawatir. Karena saya yakin kita pasti dilindungi Allah. Lalu pemerintah Arab Saudi juga pasti telah melakukan koreksi sana-sini, katanya." ujar Syaiful Azwar, WNI yang berada 15 meter dari lokasi jatuhnya crane.

(rei)

  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Gelaran pesta olahraga terbesar di Asia siap dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Mengiringi Asian Games 2018, tentu aspek keamanan dan kenyamanan harus dipersiapkan sebaik baiknya untuk menyambut banyak kontingen peserta dari berbagai negara....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)