SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Butuh Biaya 1 Miliar untuk Mahasiswa di Korea Selatan Sampai Bisa Lulus Kuliah

Kamis, 10 September 2015 20:22 by zia92 | 16488 hits
Butuh Biaya 1 Miliar untuk Mahasiswa di Korea Selatan Sampai Bisa Lulus Kuliah
Image source: thelowell.o

DREAMERSRADIO.COM - Menempuh pendidikan selama empat tahun di universitas memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika universitas tersebut cukup memiliki nama dan sistem pengajaran yang baik serta fasilitas yang lengkap.

Khususnya di Korea Selatan, setidaknya setiap mahasiswa harus mengeluarkan biaya 85,1 juta won atau sekitar satu miliar rupiah untuk menempuh pendidikan di bangku kuliah selama empat tahun hingga lulus.

Melansir Korea Times, temuan angka ini didasarkan pada laporan biaya hidup sebagai seorang mahasiswa yang disusun oleh Yoo Ki-hong dari National Komite Majelis Pendidikan, Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Nasional dan Balai Penelitian Pendidikan Tinggi Korea.

Dari total pengeluaran, biaya kuliah mencapai 30,9 juta won (sekitar 370 juta rupiah), penginapan 26,9 juta won (sekitar 322 juta rupiah), biaya hidup 24 juta won (sekitar 287 juta rupiah), biaya aplikasi pekerjaan dan penangguhan kelulusan 2,7 juta won (sekitar 32 juta rupiah), dan biaya aplikasi kuliah 520.000 won (sekitar 6 juta rupiah).

Baca juga: 'Krimi' Eks Mahasiswa UI Buka Suara Soal Kecurangan Akademik dan Alasan Foto Wisuda

Biaya kuliah ini tentu bervariasi menurut jurusan. Jurusan ilmu kedokteran mencapai 10,2 juta won (sekitar 122 juta rupiah) setiap tahun, jurusan seni, musik, dan pendidikan jasmani 8,31 juta won (sekitar 100 juta rupiah), dan jurusan teknik 8,29 juta won (sekitar 99 juta rupiah).

Sementara jurusan IPA 7,7 juta won (sekitar 92 juta rupiah), serta jurusan humaniora dan ilmu sosial 6,46 juta won (sekitar 77 juta rupiah).

Jadi jika dirata-rata, setiap bulannya seorang mahasiswa yang kuliah di kampus di Korsel harus mengeluarkan biaya hingga 20 juta rupiah! Wow tertarik untuk kuliah di Korea Selatan, Dreamers?

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)