home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Arab Saudi Larang Jemaah Haji Indonesia Ziarah ke Jeddah

Kamis, 10 September 2015 17:14 by reinasoebisono | 7064 hits
Arab Saudi Larang Jemaah Haji Indonesia Ziarah ke Jeddah
Image source: sainternati

DREAMERSRADIO.COM - Jemaah haji Indonesia dilarang melakukan ziarah ke kota Jeddah, Arab Saudi. Larangan tersebut disampaikan oleh Muassasah Adilla, lembaga bentukan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berwenang mengurus penyelenggaraan haji di Tanah Suci, kepada pemerintah Indonesia melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama RI, Kamis 10 Agustus 2015, Konsuler Jenderal RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra pun telah membenarkan adanya pelarangan tersebut.

Dharmakirty mengatakan, larangan tersebut ditetapkan Muassasah Adilla lantaran Jeddah bukan merupakan bagian dari kota peribadatan haji. "Karenanya mereka melarang jemaah haji berziarah ke sini," ujarnya.

Baca juga: Waspada! Penyakit ini Intai Jemaah Saat Melaksanakan Ibadah Haji

Ia pun mengaku sangat mendukung kebijakan tersebut. Alasannya, kebiasaan jemaah haji berziarah ke Jeddah akan menimbulkan berbagai dampak yang bisa merugikan jemaah.

Selain harus mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa bus ke Jeddah, jemaah juga rentan tersesat, kehilangan barang, dan tertimpa tindak kejahatan lainnya.

Sementara bagi jemaah atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang tetap nekat membawa rombongannya ke Jeddah, Dharmakirty menyarankan agar pemerintah memberikan sanksi yang tegas terhadap KBIH tersebut. Jika perlu, sanksi berupa pencabutan izin operasi KBIH lantaran telah melakukan tindakan yang berisiko bagi jemaah haji.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)