SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Arab Saudi Larang Jemaah Haji Indonesia Ziarah ke Jeddah

Kamis, 10 September 2015 17:14 by reinasoebisono | 6961 hits
Arab Saudi Larang Jemaah Haji Indonesia Ziarah ke Jeddah
Image source: sainternati

DREAMERSRADIO.COM - Jemaah haji Indonesia dilarang melakukan ziarah ke kota Jeddah, Arab Saudi. Larangan tersebut disampaikan oleh Muassasah Adilla, lembaga bentukan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berwenang mengurus penyelenggaraan haji di Tanah Suci, kepada pemerintah Indonesia melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama RI, Kamis 10 Agustus 2015, Konsuler Jenderal RI di Jeddah, Dharmakirty Syailendra Putra pun telah membenarkan adanya pelarangan tersebut.

Dharmakirty mengatakan, larangan tersebut ditetapkan Muassasah Adilla lantaran Jeddah bukan merupakan bagian dari kota peribadatan haji. "Karenanya mereka melarang jemaah haji berziarah ke sini," ujarnya.

Baca juga: Dilarang Selfie di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Ia pun mengaku sangat mendukung kebijakan tersebut. Alasannya, kebiasaan jemaah haji berziarah ke Jeddah akan menimbulkan berbagai dampak yang bisa merugikan jemaah.

Selain harus mengeluarkan uang tambahan untuk menyewa bus ke Jeddah, jemaah juga rentan tersesat, kehilangan barang, dan tertimpa tindak kejahatan lainnya.

Sementara bagi jemaah atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang tetap nekat membawa rombongannya ke Jeddah, Dharmakirty menyarankan agar pemerintah memberikan sanksi yang tegas terhadap KBIH tersebut. Jika perlu, sanksi berupa pencabutan izin operasi KBIH lantaran telah melakukan tindakan yang berisiko bagi jemaah haji.

Source:
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Masih dari dalam lingkup pemberitaan viral sebuah video anak remaja mengancam menembak Presiden Jokowi dengan kata kata kasar sambil bertelanjang dada. Disebut anak tersebut telah menyerahkan diri ke kepolisian....
  • HOT !
    Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud memang telah menunjuk anak kandungnya, Pangeran Mohammed bin Salman atau yang sering disapa MBS sebagai pewarisnya. Namun kini rencana tersebut harus terusik dengan seruan kudeta....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)