SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Dipenjara, Narapidana di Iran Dihukum dengan Membeli dan Baca Buku

Kamis, 10 September 2015 11:01 by zia92 | 6813 hits
Tak Dipenjara, Narapidana di Iran Dihukum dengan Membeli dan Baca Buku
Image source: bbc.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Di sebagian besar negara di dunia, hukuman kurungan penjara bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan dan melanggar hukum yang berlaku itu memang sudah sewajarnya. Tapi di Iran, mereka justru ‘dihukum’ dengan cara yang lebih unik.

Meurut kantor berita Iran, IRNA, seorang hakim bernama Qasem Naqizade telah menjatuhkan hukuman alternatif di pengadilan kota Gonbade-e Kavus yaitu dengan meminta tersangka membeli dan membaca buku.

Melansir laman Metro, diketahui bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari ‘dampak fisik dan psikologis yang tidak dapat diubah dari narapidana dan keluarga mereka’.

Hakim Qasem mengharuskan penjahat membeli lima buku, membacanya, lalu merangkum dan menuliskannya kembali dan setelah itu baru diserahkan kembali ke hakim. Pelaku kejahatan juga harus menyertakan buku-buku hadist, yang merupakan kumpulan kata-kata yang berkaitan dengan Nabi Muhammad.

Baca juga: Deretan Foto dan Video Kengerian Gempa Iran-Irak yang Tewaskan 530 Orang

Namun tentu saja, jenis hukuman ini hanya berlaku bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan kecil. Misalnya untuk remaja atau orang yang sebelumnya tidak memiliki catatan kejahatan. Dan buku-buku yang mereka pilih pun harus disetujui hakim.

Menariknya, hukuman seperti ini bisa mempengaruhi sikap narapidana lain yang berada di sel. Hakim Qasem mengatakan kepada IRNA bahwa ketika buku yang dibaca mereka disumbangkan ke penjara, dan dengan membacanya, perkelahian antara narapidana cenderung berkurang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)