SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Dipenjara, Narapidana di Iran Dihukum dengan Membeli dan Baca Buku

Kamis, 10 September 2015 11:01 by zia92 | 6878 hits
Tak Dipenjara, Narapidana di Iran Dihukum dengan Membeli dan Baca Buku
Image source: bbc.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Di sebagian besar negara di dunia, hukuman kurungan penjara bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan dan melanggar hukum yang berlaku itu memang sudah sewajarnya. Tapi di Iran, mereka justru ‘dihukum’ dengan cara yang lebih unik.

Meurut kantor berita Iran, IRNA, seorang hakim bernama Qasem Naqizade telah menjatuhkan hukuman alternatif di pengadilan kota Gonbade-e Kavus yaitu dengan meminta tersangka membeli dan membaca buku.

Melansir laman Metro, diketahui bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari ‘dampak fisik dan psikologis yang tidak dapat diubah dari narapidana dan keluarga mereka’.

Hakim Qasem mengharuskan penjahat membeli lima buku, membacanya, lalu merangkum dan menuliskannya kembali dan setelah itu baru diserahkan kembali ke hakim. Pelaku kejahatan juga harus menyertakan buku-buku hadist, yang merupakan kumpulan kata-kata yang berkaitan dengan Nabi Muhammad.

Baca juga: Deretan Negara Ini Sudah Menerapkan Hukum Mati LGBT Sebelum Brunei Darussalam

Namun tentu saja, jenis hukuman ini hanya berlaku bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan kecil. Misalnya untuk remaja atau orang yang sebelumnya tidak memiliki catatan kejahatan. Dan buku-buku yang mereka pilih pun harus disetujui hakim.

Menariknya, hukuman seperti ini bisa mempengaruhi sikap narapidana lain yang berada di sel. Hakim Qasem mengatakan kepada IRNA bahwa ketika buku yang dibaca mereka disumbangkan ke penjara, dan dengan membacanya, perkelahian antara narapidana cenderung berkurang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)