SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Dipenjara, Narapidana di Iran Dihukum dengan Membeli dan Baca Buku

Kamis, 10 September 2015 11:01 by zia92 | 6873 hits
Tak Dipenjara, Narapidana di Iran Dihukum dengan Membeli dan Baca Buku
Image source: bbc.co.uk

DREAMERSRADIO.COM - Di sebagian besar negara di dunia, hukuman kurungan penjara bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan dan melanggar hukum yang berlaku itu memang sudah sewajarnya. Tapi di Iran, mereka justru ‘dihukum’ dengan cara yang lebih unik.

Meurut kantor berita Iran, IRNA, seorang hakim bernama Qasem Naqizade telah menjatuhkan hukuman alternatif di pengadilan kota Gonbade-e Kavus yaitu dengan meminta tersangka membeli dan membaca buku.

Melansir laman Metro, diketahui bahwa hal ini dilakukan untuk menghindari ‘dampak fisik dan psikologis yang tidak dapat diubah dari narapidana dan keluarga mereka’.

Hakim Qasem mengharuskan penjahat membeli lima buku, membacanya, lalu merangkum dan menuliskannya kembali dan setelah itu baru diserahkan kembali ke hakim. Pelaku kejahatan juga harus menyertakan buku-buku hadist, yang merupakan kumpulan kata-kata yang berkaitan dengan Nabi Muhammad.

Baca juga: Deretan Negara Ini Sudah Menerapkan Hukum Mati LGBT Sebelum Brunei Darussalam

Namun tentu saja, jenis hukuman ini hanya berlaku bagi mereka yang melakukan tindak kejahatan kecil. Misalnya untuk remaja atau orang yang sebelumnya tidak memiliki catatan kejahatan. Dan buku-buku yang mereka pilih pun harus disetujui hakim.

Menariknya, hukuman seperti ini bisa mempengaruhi sikap narapidana lain yang berada di sel. Hakim Qasem mengatakan kepada IRNA bahwa ketika buku yang dibaca mereka disumbangkan ke penjara, dan dengan membacanya, perkelahian antara narapidana cenderung berkurang.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pimpinan Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un sering kali terlihat menaiki mobil mewah dalam beberapa kegiatannya bahkan di kunjungan ke luar negerinya. Mobil mewah itu terlihat ketika ia mengunjungi Singapura, Hanoi, dan Valdivostok sewaktu menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin. ...
  • HOT !
    Sebuah studio animasi di Jepang dilaporkan terbakar pada Kamis (18/7) yang diduga mengakibatkan belasan orang tewas dan puluhan orang lainnya luka luka. Beberapa dokumentasi pun memperlihatkan asap tebal keluar dari jendela Gedung tiga lantai tersebut....
  • HOT !
    Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang menyelidiki penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan akhirnya mengungkap hasilnya. Salah satunya adalah jika serangan terhadap Novel Baswedan bukanlah karena motif pribadi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)