SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Atasi Kemacetan Akut di Jakarta, Pemerintah Resmikan Pembangunan Kereta Ringan

Kamis, 10 September 2015 10:09 by zia92 | 2439 hits
Atasi Kemacetan Akut di Jakarta, Pemerintah Resmikan Pembangunan Kereta Ringan
Image source: setkab.go.i

DREAMERSRADIO.COM - Banyak cara yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengurangi masalah kemacetan yang terjadi di Jakarta dan kota-kota sekitarnya. Kereta ringan atau yang disebut juga dengan Light Rail Transit (LRT) pun sudah dijadikan wacana jauh sebelumnya.

Dan tepatnya pada Rabu (9/9) kemarin, Presiden Joko Widodo didampingi menteri serta Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Barat meresmikan pembangunan kereta ringan tersebut di Jalan Taman Mini 1, Jakarta Timur.

Presiden Jokowi mengaku optimistis proyek tersebut akan berjalan lancar dan tidak berhenti sebelum rampung seperti yang terjadi pada proyek monorail.

"Ya ini kan memulai sesuatu tidak ada masalah, mulai dari nol. Kalau monorail dulu sudah ada masalah, sehingga harus diurai - mengurai masalah dan tidak rampung. Tetapi nanti tiang-tiang monorail akan digunakan," kata Jokowi, mengutip laman BBC Indonesia.

Kereta ringan ini sendiri merupakan transportasi massal berbasis rel yang pembangunannya dilakukan di atas ruang tanah jalan tol dan non tol. Disebut ringan karena roda mengggunakan baja/besi sehingga lebih ringan dan pemeliharaannya lebih murah ketimbang menggunakan roda karet.

Proyek pembangunan LRT ini rencananya akan dibangun dalam dua tahap. Tahap pertama terdiri dari tiga jalur yang melintasi Cibubur - Cawang, Bekasi Timur - Cawang, dan Cawang - Dukuh Atas dengan 18 stasiun dan panjang 42,1 km.

Sedangkan tahap kedua akan melalui Cibubur - Bogor, Dukuh Atas - Palmerah - Senayan, dan Palmerah - Grogol yang meliputi ruas sepanjang 41,5 km.

(fzh)

  • HOT !
    Seorang anak perempuan yang masih duduk di bangku SMP tewas karena diduga nekat bunuh diri dengan lompat dari lantai 33 Apartemen Taman Rasuna, Setiabudi, Jakarta Selatan. Kronologi awal, ternyata siswi berusia 14 tahun berinisial AL itu tidak dapat ditemukan oleh ibunya....
  • HOT !
    Gelaran pesta olahraga terbesar di Asia siap dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Mengiringi Asian Games 2018, tentu aspek keamanan dan kenyamanan harus dipersiapkan sebaik baiknya untuk menyambut banyak kontingen peserta dari berbagai negara....
  • HOT !
    Sepanjang akhir pekan kemarin, jagat media sosial diramaikan oleh protes netizen untuk netizen lainnya yang dianggap tak mampu ‘bersikap’ di museum seni MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara), Kebon Jeruk, Jakarta Barat....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)