SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bus Kopaja Terintegrasi Busway Akan Diluncurkan di Hari Sumpah Pemuda!

Rabu, 09 September 2015 11:00 by zia92 | 4087 hits
Bus Kopaja Terintegrasi Busway Akan Diluncurkan di Hari Sumpah Pemuda!
Image source: megapolitan

DREAMERSRADIO.COM - Dalam waktu hitungan bulan, sepertinya warga Jakarta sudah bisa menikmati bus kopaja yang terintegrasi dengan busway. Tentunya bus ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan kopaja-kopaja tua yang masih banyak ditemui di Jakarta.

Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih mengatakan bus Kopaja terintegrasi busway akan diluncurkan pada Oktober mendatang. Hari Sumpah Pemuda akan dijadikan momentum peluncuran angkutan umum terpadu tersebut.

"Target kami diluncurkan 28 Oktober, pas Sumpah Pemuda diintegrasikan moda transportasi di Jakarta," kata Kosasih di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (8/9), seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Pada tahap awal, layanan bus Kopaja terintegrasi TransJakarta akan diperkuat oleh 200 armada. Rute yang kemungkinan besar akan dilayani adalah Ragunan-Senen. Rute ini beririsan dengan TransJakarta koridor 4, 5, dan 6.

Layanan Kopaja terintegrasi busway akan menggunakan sistem rupiah per kilometer sehingga tidak tergantung penuh atau tidaknya penumpang. Bus beroperasi berdasarkan jadwal sehingga diharapkan dapat meningkatkan layanan angkutan umum.

"Pelayanan umum itu bisa diatur dengan baik kalau sopir-sopir tidak lagi diwajibkan menyetor tapi digaji," kata Kosasih. Konsep penggajian pada sopir angkutan umum ini dicontoh dari negara-negara maju.

Kosasih menjelaskan saat ini baru ada proyek percontohan bus kopaja nonsetoran di luar jalur busway yang diterapkan Kopaja S-66 jurusan Blok M-Manggarai. Namun penumpang masih bisa membayar tunai jika naik kopaja rute ini. 

Layanan bus kopaja trayek S-66 dijadwalkan tidak akan lagi menerapkan sistem pembayaran tunai kepada penumpang mulai bulan depan. Operator akan menerima pembayaran rupiah per kilometer dari PT TransJakarta, dan sopirnya akan menerima gaji bulanan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)