home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bus Kopaja Terintegrasi Busway Akan Diluncurkan di Hari Sumpah Pemuda!

Rabu, 09 September 2015 11:00 by fzhchyn | 4256 hits
Bus Kopaja Terintegrasi Busway Akan Diluncurkan di Hari Sumpah Pemuda!
Image source: megapolitan

DREAMERSRADIO.COM - Dalam waktu hitungan bulan, sepertinya warga Jakarta sudah bisa menikmati bus kopaja yang terintegrasi dengan busway. Tentunya bus ini lebih nyaman jika dibandingkan dengan kopaja-kopaja tua yang masih banyak ditemui di Jakarta.

Direktur Utama PT TransJakarta Antonius Kosasih mengatakan bus Kopaja terintegrasi busway akan diluncurkan pada Oktober mendatang. Hari Sumpah Pemuda akan dijadikan momentum peluncuran angkutan umum terpadu tersebut.

"Target kami diluncurkan 28 Oktober, pas Sumpah Pemuda diintegrasikan moda transportasi di Jakarta," kata Kosasih di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (8/9), seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Pada tahap awal, layanan bus Kopaja terintegrasi TransJakarta akan diperkuat oleh 200 armada. Rute yang kemungkinan besar akan dilayani adalah Ragunan-Senen. Rute ini beririsan dengan TransJakarta koridor 4, 5, dan 6.

Layanan Kopaja terintegrasi busway akan menggunakan sistem rupiah per kilometer sehingga tidak tergantung penuh atau tidaknya penumpang. Bus beroperasi berdasarkan jadwal sehingga diharapkan dapat meningkatkan layanan angkutan umum.

Baca juga: Metromini dan Kopaja Dilarang Lewat Jalan Protokol Selama Asian Games, Ini Rute Barunya

"Pelayanan umum itu bisa diatur dengan baik kalau sopir-sopir tidak lagi diwajibkan menyetor tapi digaji," kata Kosasih. Konsep penggajian pada sopir angkutan umum ini dicontoh dari negara-negara maju.

Kosasih menjelaskan saat ini baru ada proyek percontohan bus kopaja nonsetoran di luar jalur busway yang diterapkan Kopaja S-66 jurusan Blok M-Manggarai. Namun penumpang masih bisa membayar tunai jika naik kopaja rute ini. 

Layanan bus kopaja trayek S-66 dijadwalkan tidak akan lagi menerapkan sistem pembayaran tunai kepada penumpang mulai bulan depan. Operator akan menerima pembayaran rupiah per kilometer dari PT TransJakarta, dan sopirnya akan menerima gaji bulanan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)