home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tupai ‘Vampir’ Peminum Darah Kijang Tertangkap Kamera Di Hutan Kalimantan!

Selasa, 08 September 2015 18:00 by reinasoebisono | 16662 hits
Tupai ‘Vampir’ Peminum Darah Kijang Tertangkap Kamera Di Hutan Kalimantan!
Image source: Merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Kalimantan dan hutan hujannya menjadi surga bagi banyak makhluk hidup khas Indonesia, salah satunya adalah tupai peminum darah. Sangat jarang terlihat, ilmuwan akhirnya bisa merekam penampakan dari hewan yang mitosnya bisa membunuh rusa itu.

Lewat sebuah video yang diunggah di YouTube, Daily Mail menunjukkan aktivitas malam hari tupai 'vampir' (Rheithrosciurus macrotis) di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat. Video tersebut berhasil diperoleh tim ilmuwan dari Universitas Michigan dan Universitas Victoria.


Image source: Daily Mail

Dari 'mata' kamera inframerah yang dipasang di salah satu sudut taman nasional itu, terlihat bila tupai vampir nampak berbeda dari tupai kebanyakan, terutama dari bulu telinga yang panjang dan ekor besarnya.

Bahkan, ilmuwan mengatakan bila tupai vampir adalah salah satu mamalia dengan ekor berbulu terlebat. Ekor hewan pengerat ini memang 30 persen lebih besar dari tubuhnya. Sementara panjang total dari hewan ini adalah 36 sentimeter.

Menurut legenda masyarakat sekitar, tupai Rheithrosciurus terkenal agresif dan mampu membunuh rusa Muntjak atau yang kerap disebut kijang. Tupai vampir itu disebut biasa meloncat dari pohon ke leher kijang dan meminum darahnya, bahkan kadang merobek tenggorokan yang membuat si kijang terbunuh.


Lokasi terekamnya Tupai 'Vampir' (Daily Mail)

Di sisi lain, ilmuwan masih ragu bila tupai itu memang benar suka mengisap darah kijang. Sayangnya, mereka juga belum bisa mengungkap makanan asli tupai Rheithrosciurus karena penampakan tupai ini bisa dihitung dengan jari.

"Aku akan sangat terkejut bila tupai itu memang benar meminum darah. Menurut warga sekitar tupai ini galak, mungkin dari situlah legenda tupai vampir itu berasal," ujar Dr. Andrew Marshall, dari Universitas Michigan.

Menariknya, video yang didapatkan dari ilmuwan itu adalah video pertama tupai Rheithrosciurus, setelah sebelumnya fotonya baru berhasil didapat tahun lalu.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)