SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabut Asap Tebal di Riau Ternyata Berasal dari Jambi dan Sumatera Selatan

Senin, 07 September 2015 10:14 by ningcil | 5401 hits
Kabut Asap Tebal di Riau Ternyata Berasal dari Jambi dan Sumatera Selatan
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Tebalnya asap di Riau berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat khususnya untuk kesehatan dan pendidikan. Tak hanya itu, dunia penerbangan pun ikut terganggu karena kabut asap tersebut. Tapi ternyata, mayoritas asap tersebut bukan berasal dari Riau sendiri.

Menurut laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Riau, Edward Sanger, titik api di Riau tidak begitu banyak dan bukan merupakan sumber dari asap saat ini, melainkan dari Jambi dan Sumatera Selatan.

“Asap di Riau sekarang saat tebal dan berasal dari Sumatera Selatan dan Jambi. Sebab, angina berhembus dari Selatan ke Utara,” kata Edward pada Merdeka.

Ia menjelaskan bahwa asap yang dihembuskan angin sampai di Riau dan tak berhembus kemana-mana lagi, sehingga asap tebal tersebut tetap ngumpul.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

“Nah, Riau sebagai tempat ngumpulnya asap dari dua provinsi itu. Kalau hanya titik api di Riau saja yang saat ini ada 27 titik, dalam sehari bisa kita selesaikan, tapi ini asapnya dari provinsi tetangga, ini dia masalahnya,” keluhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau ada 413 titik panas di Pulau Sumatera, yang tersebar di 8 provinsi, salah satunya di Riau dengan 45 titik panas menyebar di beberapa kabupaten.

 Asap juga berpengaruh terhadap udara sehingga membuat jarak pandang terbatas. Di Pekanbaru, jarak pandang hanya 200 meter, Rengat Indragiri Hulu 200 meter, Dumai 800 meter, Pelalawan 50 meter.

Source:
Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)