SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kabut Asap Tebal di Riau Ternyata Berasal dari Jambi dan Sumatera Selatan

Senin, 07 September 2015 10:14 by ningcil | 5429 hits
Kabut Asap Tebal di Riau Ternyata Berasal dari Jambi dan Sumatera Selatan
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Tebalnya asap di Riau berdampak negatif terhadap kehidupan masyarakat khususnya untuk kesehatan dan pendidikan. Tak hanya itu, dunia penerbangan pun ikut terganggu karena kabut asap tersebut. Tapi ternyata, mayoritas asap tersebut bukan berasal dari Riau sendiri.

Menurut laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDP) Riau, Edward Sanger, titik api di Riau tidak begitu banyak dan bukan merupakan sumber dari asap saat ini, melainkan dari Jambi dan Sumatera Selatan.

“Asap di Riau sekarang saat tebal dan berasal dari Sumatera Selatan dan Jambi. Sebab, angina berhembus dari Selatan ke Utara,” kata Edward pada Merdeka.

Ia menjelaskan bahwa asap yang dihembuskan angin sampai di Riau dan tak berhembus kemana-mana lagi, sehingga asap tebal tersebut tetap ngumpul.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

“Nah, Riau sebagai tempat ngumpulnya asap dari dua provinsi itu. Kalau hanya titik api di Riau saja yang saat ini ada 27 titik, dalam sehari bisa kita selesaikan, tapi ini asapnya dari provinsi tetangga, ini dia masalahnya,” keluhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau ada 413 titik panas di Pulau Sumatera, yang tersebar di 8 provinsi, salah satunya di Riau dengan 45 titik panas menyebar di beberapa kabupaten.

 Asap juga berpengaruh terhadap udara sehingga membuat jarak pandang terbatas. Di Pekanbaru, jarak pandang hanya 200 meter, Rengat Indragiri Hulu 200 meter, Dumai 800 meter, Pelalawan 50 meter.

Source:
  • HOT !
    Foto resmi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi saat baru menjabat sebagai presiden pada 2014 kembali mencuri perhatian dan mendadak viral. Netizen internasional ramai menyebut bahwa Jokowi mirip dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama....
  • HOT !
    Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta makin siap meramaikan industri penerbangan dengan menampung lebih banyak lagi maskapai yang akan berangkat dan mendarat di sana. Dan tercatat akan ada 8 maskapai yang pindah pada bulan Mei 2018 ini....
  • HOT !
    Rekayasa lalu lintas dengan uji coba penutupan jalan akan kembali dilakukan di Ibu Kota Jakarta. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan akan menata Jalan Mampang Prapatan dengan menutup tiga persimpangan mulai Jumat 18 Mei 2018, besok....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)