SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tolak Proposal Cina Dan Jepang, Ini Alasan Jokowi Tunda Proyek Kereta Cepat

Jumat, 04 September 2015 16:00 by reinasoebisono | 2808 hits
Tolak Proposal Cina Dan Jepang, Ini Alasan Jokowi Tunda Proyek Kereta Cepat
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Presdien Jokowi akhirnya menolak proposal proyek kereta cepat yang diajukan China dan Jepang. Padahal proyek moda transportasi ini dinilai sebagai inovasi dari keterlambatan Indonesia mengadaptasi kendaraan umum yang sudah lama dimiliki negara lainnya ini.

Menurut Menko Perekonomian, Darmin Nasution, alasan Presiden Jokowi menolak proposal kereta cepat jalur Jakarta-Bandung tersebut adalah karena belum dibutuhkan untuk saat ini.

“Presiden memutuskan kereta cepat belum diperlukan, lebih baik kereta kecepatan menengah,” kata Darmin mengutip BBC Indonesia.

Selain itu, walaupun di proposal kereta cepat mampu mencapai kecepatan 350 km/jam, tapi karena jarak Jakarta-Bandung yang hanya 150 kilometer belum ditambah transit di stasiun-stasiun, kecepatan maksimal kereta hanya bisa sekitar 200 km/jam.

Baca juga: Hyperloop, Kereta Masa Depan Secepat Pesawat Akan Hadir di Indonesia?

Jadi sama saja seperti kereta kecepatan menengah yang berkecepatan 200-220 km/jam. Terlebih jika membangun kereta kecepatan menengah, biaya yang diperlukan bisa terpangkas hingga 30-40%.

Namun bukan berarti proyek kereta ini diputus sampai di situ, pemerintah Indonesia mengundang China dan Jepang untuk membuat proposal baru yang lebih sesuai dengan kondisi lapangan.

(rei)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)