home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tolak Proposal Cina Dan Jepang, Ini Alasan Jokowi Tunda Proyek Kereta Cepat

Jumat, 04 September 2015 16:00 by reinasoebisono | 2910 hits
Tolak Proposal Cina Dan Jepang, Ini Alasan Jokowi Tunda Proyek Kereta Cepat
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Presdien Jokowi akhirnya menolak proposal proyek kereta cepat yang diajukan China dan Jepang. Padahal proyek moda transportasi ini dinilai sebagai inovasi dari keterlambatan Indonesia mengadaptasi kendaraan umum yang sudah lama dimiliki negara lainnya ini.

Menurut Menko Perekonomian, Darmin Nasution, alasan Presiden Jokowi menolak proposal kereta cepat jalur Jakarta-Bandung tersebut adalah karena belum dibutuhkan untuk saat ini.

“Presiden memutuskan kereta cepat belum diperlukan, lebih baik kereta kecepatan menengah,” kata Darmin mengutip BBC Indonesia.

Selain itu, walaupun di proposal kereta cepat mampu mencapai kecepatan 350 km/jam, tapi karena jarak Jakarta-Bandung yang hanya 150 kilometer belum ditambah transit di stasiun-stasiun, kecepatan maksimal kereta hanya bisa sekitar 200 km/jam.

Baca juga: Respon Jokowi Saat Kereta Cepat Disebut Enggak Bakal Balik Modal Sampai Kiamat

Jadi sama saja seperti kereta kecepatan menengah yang berkecepatan 200-220 km/jam. Terlebih jika membangun kereta kecepatan menengah, biaya yang diperlukan bisa terpangkas hingga 30-40%.

Namun bukan berarti proyek kereta ini diputus sampai di situ, pemerintah Indonesia mengundang China dan Jepang untuk membuat proposal baru yang lebih sesuai dengan kondisi lapangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)