SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tolak Proposal Cina Dan Jepang, Ini Alasan Jokowi Tunda Proyek Kereta Cepat

Jumat, 04 September 2015 16:00 by reinasoebisono | 2790 hits
Tolak Proposal Cina Dan Jepang, Ini Alasan Jokowi Tunda Proyek Kereta Cepat
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Presdien Jokowi akhirnya menolak proposal proyek kereta cepat yang diajukan China dan Jepang. Padahal proyek moda transportasi ini dinilai sebagai inovasi dari keterlambatan Indonesia mengadaptasi kendaraan umum yang sudah lama dimiliki negara lainnya ini.

Menurut Menko Perekonomian, Darmin Nasution, alasan Presiden Jokowi menolak proposal kereta cepat jalur Jakarta-Bandung tersebut adalah karena belum dibutuhkan untuk saat ini.

“Presiden memutuskan kereta cepat belum diperlukan, lebih baik kereta kecepatan menengah,” kata Darmin mengutip BBC Indonesia.

Selain itu, walaupun di proposal kereta cepat mampu mencapai kecepatan 350 km/jam, tapi karena jarak Jakarta-Bandung yang hanya 150 kilometer belum ditambah transit di stasiun-stasiun, kecepatan maksimal kereta hanya bisa sekitar 200 km/jam.

Baca juga: Hyperloop, Kereta Masa Depan Secepat Pesawat Akan Hadir di Indonesia?

Jadi sama saja seperti kereta kecepatan menengah yang berkecepatan 200-220 km/jam. Terlebih jika membangun kereta kecepatan menengah, biaya yang diperlukan bisa terpangkas hingga 30-40%.

Namun bukan berarti proyek kereta ini diputus sampai di situ, pemerintah Indonesia mengundang China dan Jepang untuk membuat proposal baru yang lebih sesuai dengan kondisi lapangan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)