SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejak Kemunculan Manusia, Setengan Pohon di Bumi Telah Lenyap

Jumat, 04 September 2015 23:00 by zia92 | 3474 hits
Sejak Kemunculan Manusia, Setengan Pohon di Bumi Telah Lenyap
Image source: cathedralgr

DREAMERSRADIO.COM - Pohon merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak digunakan untuk membuat berbagai barang dan kebutuhan manusia. Keberadaannya yang kian berkurang karena kebutuhan industri dan pembangunan tentu menjadi perhatian oleh berbagai kalangan.

Baru-baru ini, Universitas Yale melakukan penelitian untuk menemukan jumlah pohon yang ada di Bumi. Hal paling mengejutkan dari penelitian ini adalah bahwa Bumi sudah kehilangan hamir separuh pohonya.

Menurut mereka, sejak manusia muncul sekitar 11.700 tahun silam sampai saat ini, total pohon yang lenyap mencapai 46%! Dengan mengunakan teknologi satelit, ilmuwan berhasil memetakan lebih dari 400.000 bagian hutan di Bumi, kecuali benua Antartika, untuk melaksanakan survei pepohonan tersebut.

Dari hasil survei dan pemetaan, terungkap bila saat ini jumlah pohon di Bumi sekitar 3,04 triliun buah. Jumlah itu cukup untuk memberikan 'jatah' 422 pohon untuk setiap manusia. Menariknya, jumlah itu lebih banyak sekitar 8 kali lipat dari penelitian sebelumnya.

Baca juga: Punya Niat Mulia, Pria Ini Hebohkan Netizen dengan Buat Pohon Natal Berbentuk Spiral

Kawasan Rusia yang berdekatan dengan Kutub Utara, Skandinavia, dan Amerika Utara sendiri disebut sebagai kawasan dengan jumlah pohon terpadat di Bumi. Meski demikian, kawasan hutan hujan di area khatulistiwa tetap menjadi 'rumah' terbesar bagi pohon.

Sayangnya, kabar itu belum bisa membuat ilmuwan dan pemerhati lingkungan senang. Sebab, angka penebangan hutan masih sangat tinggi. Diperkirakan tidak kurang dari 15 miliar pohon mati per tahunnya.

"Kita hampir kehilangan separuh pohon di planet ini, dan kita sudah melihat sendiri bagaimana dampaknya terhadap iklim dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa kembali menekankan pentingnya menjaga dan mengembalikan hutan di berbagai belahan Bumi," ujar Thomas Crowther, ilmuwan dari Universitas Yale, Daily Mail (03/09).

[bbo]

Source:
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)