SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Jamaah Haji Tawaf Pakai Segway, Netizen Adu Pendapat

Kamis, 03 September 2015 15:00 by zia92 | 8058 hits
Ada Jamaah Haji Tawaf Pakai Segway, Netizen Adu Pendapat
Image source: youtube.com

DREAMERSRADIO.COM - Video ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, memicu perdebatan di dunia maya. Pangkal masalahnya adalah saat ada seorang jamaah berpakaian ihram menggunakan kendaraan listrik saat melaksanakan tawaf.

Dalam menjalani rukun wajib haji itu, pria yang tak diketahui identitasnya atau kebangsaannya itu mengelilingi Kabah menggunakan motor listrik merek segway. Video berdurasi 21 detik ini disebarkan pertama kali oleh akun Twitter @BHTofficial awal pekan lalu.

Arab News melaporkan, Rabu (2/9), video ini menjadi viral di jejaring sosial, khususnya di kalangan netizen Timur Tengah. Pengguna Internet berdebat soal sah tidaknya ibadah tawaf memakai segway. "Tidak bisa seperti itu. Jika kedua kakinya masih normal, seharusnya tawaf dilakukan dengan berjalan," kata akun @AsnSaleem lewat Twitter.

Sedangkan beberapa netizen lainnya tidak menyalahkan penggunaan segway dalam tawaf. "Menurut saya secara fiqih tidak dilarang. Tapi seandainya bisa dihindari, seharusnya tidak perlu menggunakan alat bantu," kata Qasmi Shambali, pakar hadis asal India.

Segway sendiri adalah benda yang sekilas mirip bagian depan sepeda dengan dua roda. Untuk menggunakannya, keseimbangan adalah kunci untuk menjalankan kendaraan listrik asal Amerika Serikat ini.

Selama lima tahun terakhir, segway semakin populer, termasuk di Indonesia, walau cuma bisa digeber dengan kecepatan 6,4 km/jam. Harga eceran kendaraan listrik ini, untuk yang paling murah, mencapai Rp 13 juta per unit.

[ard]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Media sosial beberapa hari belakangan digemparkan oleh sebuah video tak biasa yang memperlihatkan kemunculan sesosok makhluk yang diyakini manusia namun belum bisa diverifikasi keberadaan dan profilnya....
  • HOT !
    Bos Uber yang sempat bergabung dengan tim Donald Trump memang memutuskan hengkang setelah mendapat tekanan dari berbagai pihak serta insiden internal. Kini Trump dikabarkan akan mengumumkan anggota tim baru yang berisikan sejumlah pemimpin perusahaan AS....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : parkminha
Cast : oh sehun krystal jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)