SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Bersedia Ajari Pemerintahan Jokowi Cara Bangun Desa

Rabu, 26 Agustus 2015 07:06 by ningcil | 3607 hits
Korea Selatan Bersedia Ajari Pemerintahan Jokowi Cara Bangun Desa
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Kementerian Administrasi Pemerintahan dan Dalam Negeri (MoGAHA) Republik Korea Selatan, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di bidang pembangunan daerah, hari ini, Selasa (25/8).

Salah satu poin kesepakatan itu adalah tukar ilmu terkait pembangunan pedesaan dengan konsep Saemaeul Undong (Gerakan Desa Baru). Model yang digagas oleh Presiden Korea Park Chung-hee pada 1970 ini, rencananya akan diterapkan di desa-desa di Indonesia.

"Kedua negara akan terus meningkatkan program Saemaeul Undong akan ada pertukaran SDM, kita telah membangun beberapa desa menjadi contoh bagi Indonesia," kata Wakil Menteri MoGaha, Chung Chae-gun, di Jakarta.

Baca juga: Sama-sama Tampan, Sederet Seleb Cowok Indonesia dan Korea Ini Mirip Banget!

Pemerintah RI menyambut baik tawaran Korea Selatan ini. Menteri PDT Marwan Jafar menjelaskan gerakan Saemaul Undong merupakan salah satu realisasi revolusi mental yang digerakkan oleh pemimpin desa.

"Bedanya Korsel lebih kuat revolusi mental, sedangkan kita masih perlu guidance," ungkap Marwan. Untuk menindaklanjuti program konkret Saemaeul Undong ini, rencananya Marwan akan bertandang ke Negeri Ginseng pada November mendatang. Besar harapan nantinya program tersebut akan sukses sehingga desa-desa bisa berkembang seperti di Korea Selatan.

"Kami akan belajar mekanisme kota dan mencari desa dengan karakter yang sama dengan mereka. Seperti karakter di daerah pertanian yang dapat mengembangkan kimchi, lihat di Korea kan kimchinya terkenal," tambah Sekjen Kemendes PDT Anwar Sanusi.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Setya Novanto akhirnya mengundurkan diri sebagai Ketua DPR RI melalui sebuah surat. Bersamaan dengan surat pengunduran diri tersebut Novanto juga menunjuk Azis Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI baru yang akan menggantikan dirinya. Keputusan sepihak itu lantas menuai kontroversi....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)