SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sepakat Berdamai, Delegasi Korut dan Korsel Pasang Wajah Sumringah

Selasa, 25 Agustus 2015 19:14 by ningcil | 13878 hits
Sepakat Berdamai, Delegasi Korut dan Korsel Pasang Wajah Sumringah
Image source: merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Delegasi Korea Utara dan Korea Selatan kemarin malam (24/8) akhirnya sepakat meredakan ketegangan sejak akhir pekan lalu. Perundingan di kawasan perbatasan Panmunjom ini mencatat beberapa kesepakatan.

Korsel, misalnya, berjanji mengakhiri siaran propaganda anti-Korut lewat speaker di kawasan demiliterisasi. Sementara Korut mencabut status siaga perang yang diumumkan sang pemimpin tertinggi, Kim Jong-un.

BBC melaporkan, Selasa (25/8), perundingan maraton ini berlangsung alot. Baru pada hari keempat, akhirnya Korsel maupun Korut mau melunak. Penasehat Keamanan Korsel, Kim Kwan-jin, mengaku negosiasi selama beberapa hari terakhir termasuk membahas penguatan hubungan Utara-Selatan.

Misalnya memfasilitasi keluarga yang terpisah akibat Perang Korea pada 1950. "Setelah perundingan ini, kedua negara masih akan bertemu lagi untuk membicarakan beberapa isu yang terkait penguatan hubungan," ujarnya.

Baca juga: Diam-diam Presiden Korsel Moon Jae In dan Kim Jong Un Kembali Bertemu!

Korut juga mengakui bersalah atas insiden ledakan ranjau yang melukai dua tentara Korsel akhir bulan lalu. Insiden itulah yang memicu Korsel memutar siaran propaganda di perbatasan, sehingga akhirnya kedua negara tegang bahkan saling tembak.

Belum ada laporan soal pengurangan aktivitas militer di perbatasan Korea. Untuk diketahui, setelah tembak menembak antar tentara pecah pada Jumat (21/8), masing-masing negara meningkatkan alutsista di perbatasan.

Korut mengirim 70 persen unit kapal selamnya mendekati perairan Negeri Ginseng. Artileri dari berbagai ukuran ditambah dua kali lipat ke arah Korsel.

Source:
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)