SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahan Kimia Berbahaya Dari Ledakan Tianjin Ancam Kesehatan Warga

Jumat, 14 Agustus 2015 11:04 by ningcil | 2528 hits
Bahan Kimia Berbahaya Dari Ledakan Tianjin Ancam Kesehatan Warga
Image source: chicagotrib

DREAMERSRADIO.COM - Setidaknya 50 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat ledakan di Kota Tianjin, Tiongkok. Ledakan ini juga dilaporkan mengancam warga kota yang selamat akibat dari zat kimia berbahaya yang terlepas ke udara pasca ledakan yang terjadi pada Kamis (13/08).

Pencemaran udara yang mengancam keselamatan warga sekitar lokasi ledakan ini seperti yang dikeluhkan oleh seorang warga Singapura yang bekerja di Tianjin. Ia mengaku bahwa kualitas udara pasca ledakan kemarin malam sangat buruk, seperti dilaporkan Channel NewsAsia.

Hingga Jumat (14/08) pagi, masih belum dikathui apa penyebab ledakan, namun diduga kuat bahwa adanya api yang menyambar bahan kimia berbahaya yang tersimpan di salah satu gudang dalam gedung.

Bau bahan kimia yang meledak itu pun masih menguar di udara, namun sayangnya penyelidikan masih belum bias dilakukan karena api masih berkobar di beberapa tempat. Namun Pemerintah setempat menduga jika ledakan terjadi akibat ketidaksesuaian informasi soal barang berbahaya yang disimpan di gudang tersebut.

Kelompok pecinta lingkungan Greenpeace juga mengatakan bahwa ancaman masih belum usai bagi warga Tianjin karena bahan kimia terbakar yang bias mengancam kesehatan masyarakat.

Baca juga: ISIS Sebut Prajuritnya Jadi Pelaku Ledakan Stasiun Bawah Tanah Inggris

“Berdasarkan laporan Stasiun Pengawasan Lingkungan Tanggu, bahan kimia berbahaya yang disimpan di tempat itu mengandung sodium sianida (NaCN), toluene diisocyanate (TDI) dan kalsium karbida (CaC2), kesemuanya mengancam kesehatan manusia jika terpapar,” ujar Greenpeace kepada CNN.

Menurut Greenpeace, kondisi lingkungan akan diperparah jika hujan turun di Tianjin. Untuk menyelidiki adanya unsur kimia berbahaya yang kemungkinan terkandung di udara, pemerintah Tiongkok menurunkan tim ahli ke Tianjin dari militer untuk menguji kualitas udara untuk mencari tahu apakah ada kandungan kimia di udara.

Dilaporkan CNN, ledakan terjadi sebanyak dua kali, yang kekuatannya setara dengan puluhan ton TNT dan gempa bumi 2,9 skala Richter, berdasarkan penghitungan Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok.

Sedikitnya 50 orang tewas dalam insiden tersebut, 12 diantaranya adalah petugas pemadam kebakaran. Sebanyak 500 orang terluka dan 71 diantaranya dalam kondisi kritis. Tak hanya itu, puluhan pemadam kebakaran masih dilaporkan hilang.

(ncl)

Komentar
  • HOT !
     Kakbah adalah sebuah bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di Mekah, Masjidil Haram. Bangunan itu dijadikan arah kiblat saat melaksanakan ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, bangunan Kakbah selalu ditutup oleh sebuah kain hitam atau yang disebut kiswah....
  • HOT !
    Di masa kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, setiap rapat yang diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta selalu diunggah ke channel Youtube, dengan alasan transparansi kepada masyarakat....
  • HOT !
    Sosok seorang pangeran dari Arab Saudi jadi pembicaraan viral lantaran terungkap menjadi pembeli lukisan Yesus Kristus yang diklaim sebagai yang termahal di dunia. Kegiatannya ini disebut berpotensi memicu kontroversi karena perilakunya dianggap tak Islami....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)