home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahan Kimia Berbahaya Dari Ledakan Tianjin Ancam Kesehatan Warga

Jumat, 14 Agustus 2015 11:04 by ningcil | 2731 hits
Bahan Kimia Berbahaya Dari Ledakan Tianjin Ancam Kesehatan Warga
Image source: chicagotrib

DREAMERSRADIO.COM - Setidaknya 50 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka akibat ledakan di Kota Tianjin, Tiongkok. Ledakan ini juga dilaporkan mengancam warga kota yang selamat akibat dari zat kimia berbahaya yang terlepas ke udara pasca ledakan yang terjadi pada Kamis (13/08).

Pencemaran udara yang mengancam keselamatan warga sekitar lokasi ledakan ini seperti yang dikeluhkan oleh seorang warga Singapura yang bekerja di Tianjin. Ia mengaku bahwa kualitas udara pasca ledakan kemarin malam sangat buruk, seperti dilaporkan Channel NewsAsia.

Hingga Jumat (14/08) pagi, masih belum dikathui apa penyebab ledakan, namun diduga kuat bahwa adanya api yang menyambar bahan kimia berbahaya yang tersimpan di salah satu gudang dalam gedung.

Bau bahan kimia yang meledak itu pun masih menguar di udara, namun sayangnya penyelidikan masih belum bias dilakukan karena api masih berkobar di beberapa tempat. Namun Pemerintah setempat menduga jika ledakan terjadi akibat ketidaksesuaian informasi soal barang berbahaya yang disimpan di gudang tersebut.

Kelompok pecinta lingkungan Greenpeace juga mengatakan bahwa ancaman masih belum usai bagi warga Tianjin karena bahan kimia terbakar yang bias mengancam kesehatan masyarakat.

Baca juga: Momen Kelahiran dan Pre-Wedding Jadi Mencekam Saat Ledakan Beirut

“Berdasarkan laporan Stasiun Pengawasan Lingkungan Tanggu, bahan kimia berbahaya yang disimpan di tempat itu mengandung sodium sianida (NaCN), toluene diisocyanate (TDI) dan kalsium karbida (CaC2), kesemuanya mengancam kesehatan manusia jika terpapar,” ujar Greenpeace kepada CNN.

Menurut Greenpeace, kondisi lingkungan akan diperparah jika hujan turun di Tianjin. Untuk menyelidiki adanya unsur kimia berbahaya yang kemungkinan terkandung di udara, pemerintah Tiongkok menurunkan tim ahli ke Tianjin dari militer untuk menguji kualitas udara untuk mencari tahu apakah ada kandungan kimia di udara.

Dilaporkan CNN, ledakan terjadi sebanyak dua kali, yang kekuatannya setara dengan puluhan ton TNT dan gempa bumi 2,9 skala Richter, berdasarkan penghitungan Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok.

Sedikitnya 50 orang tewas dalam insiden tersebut, 12 diantaranya adalah petugas pemadam kebakaran. Sebanyak 500 orang terluka dan 71 diantaranya dalam kondisi kritis. Tak hanya itu, puluhan pemadam kebakaran masih dilaporkan hilang.

(ncl)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)