home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inovasi Anak Bangsa, Fenomena Ojek Online Rambah Sistem Syar’i

Senin, 10 Agustus 2015 12:14 by reinasoebisono | 10653 hits
Inovasi Anak Bangsa, Fenomena Ojek Online Rambah Sistem Syar’i
Image Source: Republika

DREAMERSRADIO.COM - Fenomena jasa transportasi online yang berkesan ‘menjemput’ bola daripada di pangkalan seperti Go-Jek, Grab Bike dan Uber mulai memberikan inspirasi bagi anak-anak muda lainnya. Kali ini inovasi ojek sistem online muncul dari kota Surabaya.

Juga karena Indonesia mayoritas Islam yang banyak memegang teguh ajaran syariahnya, banyak wanita yang merasa sulit dan keberatan jika berkendara dengan laki-laki yang bukan muhrimnya, menjadi halangan untuk bepergian dengan transportasi umum.

Karena itu, mahasiswi asal Surabaya yang baru berusia 19 tahun, Evilita Adriani membuat layanan transportasi khususnya ojek online yang semua pengemudinya adalah wanita dan hanya menerima penumpang wanita.


Evilita, pendiri Ojek Syar'i Surabaya (CNN)

"Di era yang serba ada ini, kenapa masih belum ada yang memberi pemecahan terhadap hal itu. Lalu juga maraknya pelecahan seksual dalam transportasi umum. Kami ingin menjadi pelopor transportasi yang privat untuk wanita.  Wanita itu perlu perlakuan khusus." Kata Evilita.

Melansir CNN, walaupun belum memiliki aplikasi sendiri untuk memesan ojek seperti yang lain, Ojek Syar’i sudah bisa menjaring 30 orderan perharinya. Ojek Syar’i ini bisa dipesan melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line dan BBM ataupun via Twitter.

Baca juga: Mantan Pesepakbola Nasional Anang Ma'ruf Jadi Pengemudi Go-Jek

Selain Surabaya, usaha yang telah diresmikan pada Maret 2015 ini sudah merambah ke kota Sidoarjo serta Malang. Dan dalam waktu dekat akan segera launching di ibukota Jakarta. Inovasi ini dinilai mengangkat kepedulian dan memberikan rasa nyaman berkendara umum untuk para perempuan.

(rei)

 

 

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)