SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jual Barang Buatan Pekerja Korea Utara, Toko Di Seoul Ini Raup Miliaran Rupiah

Minggu, 09 Agustus 2015 16:30 by reinasoebisono | 2188 hits
Jual Barang Buatan Pekerja Korea Utara, Toko Di Seoul Ini Raup Miliaran Rupiah
Image source: CNN

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah toko di Seoul, Korea Selatan mungkin memiliki barang yang hampir sama dengan yang dijual di toko lain. Namun yang menjadikannya berbeda adalah tangan yang membuatnya.

Toko kompleks industri Kaesong yang dibuka sejak Mei lalu menjual barang-barang yang dibuat oleh orang Korea Utara, hasilnya pun terbilang bagus. Bahkan toko ini mampu meraup untung hampir US$140 ribu (1.8 Miliar) dalam waktu 3 bulan.

Melansir CNN, hal ini membuktikan bahwa produk dari negara miskin tidak selalu berkualitas rendah ataupun tidak diinginkan oleh negara lain.

"Karyawan Korea Utara masih muda dan belajar dengan cepat, dan kami menggunakan bahan dari Selatan. Jadi kualitas (produk) sama baiknya dengan produk merek Korea Selatan, dengan harga yang relatif lebih rendah," kata wakil presiden toko tersebut, Lee Joung-duk, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Penjualan Memburuk, Michael Kors Tutup 125 Toko

Dibangunnya toko ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak khususnya mereka yang membelot dari Korea Utara. "Banyak warga Korea Selatan menganggap produk Korea Utara berkualitas buruk karena negara ini tidak makmur," ungkap Lee Ae Ran, salah satu warga Seoul yang membelot dari Korut.

Masyarakat Seoul pun memuji dan membuka mata akan kualitas dari negara miskin. Tidak hanya saling mengkritik, namun hal ini menjadikan mereka menilai terlebih dahulu sebelum memberikan komentar atas hasil seseorang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)