home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jual Barang Buatan Pekerja Korea Utara, Toko Di Seoul Ini Raup Miliaran Rupiah

Minggu, 09 Agustus 2015 16:30 by reinasoebisono | 2307 hits
Jual Barang Buatan Pekerja Korea Utara, Toko Di Seoul Ini Raup Miliaran Rupiah
Image source: CNN

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah toko di Seoul, Korea Selatan mungkin memiliki barang yang hampir sama dengan yang dijual di toko lain. Namun yang menjadikannya berbeda adalah tangan yang membuatnya.

Toko kompleks industri Kaesong yang dibuka sejak Mei lalu menjual barang-barang yang dibuat oleh orang Korea Utara, hasilnya pun terbilang bagus. Bahkan toko ini mampu meraup untung hampir US$140 ribu (1.8 Miliar) dalam waktu 3 bulan.

Melansir CNN, hal ini membuktikan bahwa produk dari negara miskin tidak selalu berkualitas rendah ataupun tidak diinginkan oleh negara lain.

"Karyawan Korea Utara masih muda dan belajar dengan cepat, dan kami menggunakan bahan dari Selatan. Jadi kualitas (produk) sama baiknya dengan produk merek Korea Selatan, dengan harga yang relatif lebih rendah," kata wakil presiden toko tersebut, Lee Joung-duk, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Tak Cuma Iming 'Sale', Ada Trik Toko 'Jebak' Pelanggan Agar Makin Tertarik Berbelanja

Dibangunnya toko ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak khususnya mereka yang membelot dari Korea Utara. "Banyak warga Korea Selatan menganggap produk Korea Utara berkualitas buruk karena negara ini tidak makmur," ungkap Lee Ae Ran, salah satu warga Seoul yang membelot dari Korut.

Masyarakat Seoul pun memuji dan membuka mata akan kualitas dari negara miskin. Tidak hanya saling mengkritik, namun hal ini menjadikan mereka menilai terlebih dahulu sebelum memberikan komentar atas hasil seseorang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)