SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah di Jawa Barat Terancam Gagal Panen

Jumat, 07 Agustus 2015 10:17 by zia92 | 1433 hits
Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah di Jawa Barat Terancam Gagal Panen
Image source: jurnal123.c

DREAMERSRADIO.COM - Kekeringan yang melanda beberapa daerah di Jawa Barat rupanya semakin serius bahkan bisa berakibat buruk pada produksi padi. Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat Diden Trisnadi pun mengatakan sawah yang mengalami kekeringan makin meluas.

“Sekarang sudah 67 ribuan hektare yang terkena kekeringan. Kemudian yang mengalami puso sudah 7 ribu hektare,” kata Diden di Bandung pada Kamis (6/8/2015) kemarin, seperti dilansir Tempo.

Diden mengatakan, seluruh sawah yang kini kekeringan itu berpotensi mengalami gagal panen atau puso jika sampai November 2015 ini tidak kunjung mendapat air hujan. “Kami akan kehilangan hampir 9 persen dari target padi tahun ini kalau semuanya puso,” katanya.

Baca juga: Kekeringan, Gereja Abad ke-16 Muncul Kembali ke Permukaan Waduk

Produksi padi yang ditargetkan Jawa Barat menembus 12 juta gabah kering giling pada tahun ini, mungkin hanya bisa tercapai 11,6 juta jika 67 ribu hektare itu puso. Diden pun menambahkan bahwa target produksi padi Jabar tidak akan terganggu jika sawah yang puso tidak bertambah.

Sawah yang berpotensi kekeringan tersisa 78 ribu hektare. “Dulu 49 ribu hektare kekeringan itu pertengahan Juli 2015. Sekarang sudah 67 ribu hektare. Sebagian yang berpotensi itu bergeser menjadi kekeringan, sebagian sudah panen,” kata Diden.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....
  • HOT !
    Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah resmi menjadi Panglima TNI usai Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyerahkan jabatan Panglima TNI dalam upacara serah terima jabatan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12)....
  • HOT !
    Secara mengejutkan, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan memberi pernyataan jika keputusan Amerika menjadikan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sudah melalui konsultasi dengan Indonesia. Tak butuh waktu lama, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi langsung bereaksi, begitu juga dengan Presiden Jokowi. ...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)