SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah di Jawa Barat Terancam Gagal Panen

Jumat, 07 Agustus 2015 10:17 by zia92 | 1466 hits
Kekeringan, Ribuan Hektare Sawah di Jawa Barat Terancam Gagal Panen
Image source: jurnal123.c

DREAMERSRADIO.COM - Kekeringan yang melanda beberapa daerah di Jawa Barat rupanya semakin serius bahkan bisa berakibat buruk pada produksi padi. Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat Diden Trisnadi pun mengatakan sawah yang mengalami kekeringan makin meluas.

“Sekarang sudah 67 ribuan hektare yang terkena kekeringan. Kemudian yang mengalami puso sudah 7 ribu hektare,” kata Diden di Bandung pada Kamis (6/8/2015) kemarin, seperti dilansir Tempo.

Diden mengatakan, seluruh sawah yang kini kekeringan itu berpotensi mengalami gagal panen atau puso jika sampai November 2015 ini tidak kunjung mendapat air hujan. “Kami akan kehilangan hampir 9 persen dari target padi tahun ini kalau semuanya puso,” katanya.

Baca juga: Dibatasi Mandi Hanya 2 Menit, Kota Ini Jadi yang Pertama di Dunia Kehabisan Air Bersih

Produksi padi yang ditargetkan Jawa Barat menembus 12 juta gabah kering giling pada tahun ini, mungkin hanya bisa tercapai 11,6 juta jika 67 ribu hektare itu puso. Diden pun menambahkan bahwa target produksi padi Jabar tidak akan terganggu jika sawah yang puso tidak bertambah.

Sawah yang berpotensi kekeringan tersisa 78 ribu hektare. “Dulu 49 ribu hektare kekeringan itu pertengahan Juli 2015. Sekarang sudah 67 ribu hektare. Sebagian yang berpotensi itu bergeser menjadi kekeringan, sebagian sudah panen,” kata Diden.

(fzh)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)