SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Perbedaan Korea Selatan Dan Indonesia Dalam Hal Perlindungan Anak

Sabtu, 01 Agustus 2015 13:32 by reinasoebisono | 5801 hits
Ini Perbedaan Korea Selatan Dan Indonesia Dalam Hal Perlindungan Anak
Image source: Demilked.co

DREAMERSRADIO.COM - Korea Selatan adalah salah satu negara yang tanggap dalam kasus kekerasan anak. Sebuah studi banding yang dilakukan Sekretaris Jenderal Satgas Perlindungan Anak, Ena Nurjanah pun memberikan hasil yang cukup mencengangkan.

Dengan maraknya kasus kekerasan dan penelantaran anak, penanganan kasus di Indonesia masih sangat jauh ketinggalan dibanding negeri Ginseng tersebut. Komitmen mereka dalam menjaga anak bangsa patut diacungi jempol.

"Saya lupa tepatnya kasus apa, kekerasan pada anak atau kasus kekerasan seksual anak, itu jumlahnya hanya 15. Saya saja sampai kaget," kata Ena melansir CNN.

Yang lebih mengejutkan, ternyata Undang-Undang Perlindungan Anak di Korea Selatan baru diterapkan tahun 2014. Dan mampu menangani kasus sebesar 43.1%. Hal ini karena banyaknya dukungan dan komitmen dari pemerintah maupun masyarakat.

Baca juga: Brad Pitt Bebas dari Tuduhan Kekerasan Terhadap Anaknya

Mengutip kata-kata Ena, Korea Selatan telah mendirikan 51 child protection center dan akan menjadi ratusan di tahun depan. Sistem pengaduannya pun terorganisasi dengan baik. Lembaga perlindungan anak tersebut berkorelasi langsung dengan polisi sehingga bisa ditangani hukum secara langsung.

Tapi bukan berarti perjalanan Korea Selatan dalam menangani kekerasan terhadap anak berjalan mulus. Tindakan tanggap itu memiliki titik balik jauh sebelum 2014, di mana mereka memiliki riwayat panjang kekerasan terhadap anak hingga ada yang meninggal dunia.

Namun kebangkitan dan revolusi hukum Korea Selatan terhadap perlindungan anak sangat pesat dan patut menjadi pembelajaran untuk Indonesia

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)