SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cula Badak Akan Dipasangi Kamera dan Alarm Demi Cegah Perburuan

Jumat, 24 Juli 2015 11:32 by ningcil | 1269 hits
Cula Badak Akan Dipasangi Kamera dan Alarm Demi Cegah Perburuan
Image source: telegraph.c

DREAMERSRADIO.COM - Perburuan liar terhadap hewan punah seperti badak menjadi kekhawatiran terbesar di beberapa negara, terutama Afrika. Demi melindungi populasi badak dari kepunahan, kedepannya cula badak akan dipasangi kamera dan alarm demi mencegah perburuan.

Seperti dilaporkan The Independent, alat bernama Real-time Anti-Poaching Intelligence Device atau yang disingkat Rapid ini dilengkapi dengan kamera dan monitor detak jantung yang terhubung dengan alarm serta alat pelacak satelit.

Jika alarm berbunyi, tandanya badak telah ternuh dan petugas akan menuju lokasi dengan helikopter untuk mengejar sang pelaku, seperti dikutip dari CNN. Kamera di cula badan nantinya akan memotret para pelaku untuk jadi bukti di pengadilan.

Alat ini diciptakan oleh Dr. Paul O’Donoghue dari Chester University yang telah memantau populasi badak hitam langka selama 15 tahun.

Menurut WWF, ada lebih dari 2.000 badak putih pada 1960 dan hari ini jumlahnya hanya tinggal 5. Jantan satu-satunya bernama Sudan mendapatkan perlindungan 24 jam dari pasukan bersenjata di Kenya walau culanya sudah dicabut.

Pembunuhan enam badak per jam di Afrika yang terjadi saat ini bisa diatasi oleh alat ini untuk memantau keamanan badak dari para pemburu. Hal ini tentunya diharapkan dapat mematahkan prediksi kepunahan badak pada 2035.

(ncl)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)