home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudik Usai, 3 Juta Kendaraan Serbu Jakarta

Rabu, 22 Juli 2015 12:45 by ningcil | 1086 hits
Mudik Usai, 3 Juta Kendaraan Serbu Jakarta
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Hari ini, kendaraan yang berseliweran di ibukota masih bisa di hitung dengan jari. Tak macet seperti biasanya. Tapi, minggu depan siap-siaplah.

Meski terhitung hari masuk kerja, jumlah kendaraan di seputaran Jakarta, memang sangat minim. Bisa jadi karena masyarakat masih menikmati mudik Lebaran, atau dalam perjalanan menuju Jakarta. Asal tahu saja, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 3,3 juta kendaraan meninggalkan Jakarta. Terdiri dari 2,1 sepeda motor dan 1,2 juta kendaraan roda empat.

Sedangkan total kendaraan yang tercatat mencapai 17 juta unit. Yang terbagi atas 12 juta sepeda motor, dan 5 juta kendaraan roda empat. Ya, jangan kaget dulu. Tiap tahun, sedikitnya sejuta mobil anyar terjual di Jakarta. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda dua, bisa empat atau lima kali lipat.

Nah, kalau jumlah kendaraan besar maka asupan BBM (Bahan Bakar Minyak)-nya bakal besar pula. Data Pertamina 2014, BBM jenis premium 81 ribu kiloliter habis di bakar dalam sehari. Sedangkan konsumsi solar mencapai 44 ribu kiloliter per hari. Untuk 2015, Pertamina memprediksi adanya penurunan konsumsi BBM sebesar 18%. Volume premium yang habis disedot kendaraan diprediksi mencapai 74 ribu kiloliter, sementara solar sebanyak 37 ribu kiloliter per hari.

Masih seputar balik 2015, jumlah kendaraan yang dimanfaatkan warga Jakarta untuk berlebaran, ternyata hanya 14% dari total kendaraan yang berjumlah 17 juta unit. Artinya, masih ada 9,7 juta kendaraan yang teronggok di garasi atau halaman rumah.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Posko Pusat Terpadu Lebaran Kementerian Perhubungan mencatat adanya 114.321 kendaraan masuk ibukota pasa Selasa pagi (21/7/2015). Sementara 3,185 juta kendaraan siap-siap menyerbu ibukota.

Jadi, wajar saja apabila hari ini, lalu lintas di sebagian besar wilayah Jakarta, terlihat sepi. Karena, ya itu tadi, belum semua kendaraan warga Jakarta masuk.

Bisa jadi mereka dalam perjalanan atau malah masih menikmati liburan. Bisa di bayangkan, ketika jutaan kendaraan itu memasuki Jakarta dalam waktu yang bersamaan. Suasananya pastilah sulit dikontrol. Apalagi hanya tersedia tiga pintu masuk.

"Ada tiga pintu masuk Jakarta. Pintu Barat dari Merak (Banten), Timur dari CIkampek, kalau Selatan dari Bogor," kata Gatot Mutiono, Koordinator Posko Pemantau Perhubungan Darat, Kemenhub. Naga-naganya, jutaan kendaraan itu baru menyesaki ibukota pada minggu depan. Jadi, bersiaplah kembali menikmati kemacetan.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)