SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudik Usai, 3 Juta Kendaraan Serbu Jakarta

Rabu, 22 Juli 2015 12:45 by ningcil | 932 hits
Mudik Usai, 3 Juta Kendaraan Serbu Jakarta
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Hari ini, kendaraan yang berseliweran di ibukota masih bisa di hitung dengan jari. Tak macet seperti biasanya. Tapi, minggu depan siap-siaplah.

Meski terhitung hari masuk kerja, jumlah kendaraan di seputaran Jakarta, memang sangat minim. Bisa jadi karena masyarakat masih menikmati mudik Lebaran, atau dalam perjalanan menuju Jakarta. Asal tahu saja, Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 3,3 juta kendaraan meninggalkan Jakarta. Terdiri dari 2,1 sepeda motor dan 1,2 juta kendaraan roda empat.

Sedangkan total kendaraan yang tercatat mencapai 17 juta unit. Yang terbagi atas 12 juta sepeda motor, dan 5 juta kendaraan roda empat. Ya, jangan kaget dulu. Tiap tahun, sedikitnya sejuta mobil anyar terjual di Jakarta. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda dua, bisa empat atau lima kali lipat.

Nah, kalau jumlah kendaraan besar maka asupan BBM (Bahan Bakar Minyak)-nya bakal besar pula. Data Pertamina 2014, BBM jenis premium 81 ribu kiloliter habis di bakar dalam sehari. Sedangkan konsumsi solar mencapai 44 ribu kiloliter per hari. Untuk 2015, Pertamina memprediksi adanya penurunan konsumsi BBM sebesar 18%. Volume premium yang habis disedot kendaraan diprediksi mencapai 74 ribu kiloliter, sementara solar sebanyak 37 ribu kiloliter per hari.

Masih seputar balik 2015, jumlah kendaraan yang dimanfaatkan warga Jakarta untuk berlebaran, ternyata hanya 14% dari total kendaraan yang berjumlah 17 juta unit. Artinya, masih ada 9,7 juta kendaraan yang teronggok di garasi atau halaman rumah.

Baca juga: Waspada Titik Macet Saat Libur Panjang Idul Adha Akhir Pekan Besok

Posko Pusat Terpadu Lebaran Kementerian Perhubungan mencatat adanya 114.321 kendaraan masuk ibukota pasa Selasa pagi (21/7/2015). Sementara 3,185 juta kendaraan siap-siap menyerbu ibukota.

Jadi, wajar saja apabila hari ini, lalu lintas di sebagian besar wilayah Jakarta, terlihat sepi. Karena, ya itu tadi, belum semua kendaraan warga Jakarta masuk.

Bisa jadi mereka dalam perjalanan atau malah masih menikmati liburan. Bisa di bayangkan, ketika jutaan kendaraan itu memasuki Jakarta dalam waktu yang bersamaan. Suasananya pastilah sulit dikontrol. Apalagi hanya tersedia tiga pintu masuk.

"Ada tiga pintu masuk Jakarta. Pintu Barat dari Merak (Banten), Timur dari CIkampek, kalau Selatan dari Bogor," kata Gatot Mutiono, Koordinator Posko Pemantau Perhubungan Darat, Kemenhub. Naga-naganya, jutaan kendaraan itu baru menyesaki ibukota pada minggu depan. Jadi, bersiaplah kembali menikmati kemacetan.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)