SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Masalah Yang Kerap Menghantui Para Pemudik Sepeda Motor

Selasa, 14 Juli 2015 11:18 by reinasoebisono | 880 hits
Ini Masalah Yang Kerap Menghantui Para Pemudik Sepeda Motor
Image source: tempo.co

DREAMERSRADIO.COM - Sepeda motor masih menjadi favorit masyarakat untuk pulang ke kampung halaman pada momen Lebaran. Namun setiap pilihan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri tak terkecuali kendaraan roda dua ini.

Melansir Metrotvnews, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama mengatakan, pemudik sepeda motor sering memiliki masalah kesehatan seperti sakit pada bagian punggung dan nyeri leher.

Selain itu, mengendarai motor selama berjam-jam menyebabkan penurunan konsentrasi dan kelelahan juga dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tjandra juga mengingatkan, pada 2014 lalu terdapat 3.869 unit motor yang mengalami kecelakaan selama arus mudik Lebaran.

Baca juga: Waspada Titik Macet Saat Libur Panjang Idul Adha Akhir Pekan Besok

Jika terpaksa menggunakan sepeda motor, hendaknya tidak untuk rute jauh seperti daerah Jawa. Ada baiknya menggunakan jasa kapal laut atau kereta api untuk membawa motor ke kampung.

“Kalau terpaksa mudik naik motor, maka sering-sering istirahat di jalan, setidaknya setiap empat jam. Manfaatkanlah ratusan pos istirahat yang sudah tersedia sepanjang arus mudik,” imbau Tjandra.

Jangan lupa untuk menjaga keamanan dan batasan penumpang. Karena menurut aturan, sepeda motor hanya boleh mengangkut maksimal dua penumpang. (rei)

Komentar
  • HOT !
    Seorang seleb media sosial semacam Instagram, Yong Ning terpaksa harus mengakhiri aksi aksi berbahayanya. Pria asal China tersebut diketahui tewas mengenaskan setelah melakukan aksi maut saat hendak mengambil gambar dari gedung tinggi....
  • HOT !
    Ritual yang dilakukan kepala negara sebelum mengambil keputusan penting biasanya berupa rapat darurat, konsultasi atau hal lainnya sehubungan konsep strategis yang akan diambil. Namun berbeda dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un yang dikabarkan justru selalu mendaki gunung....
  • HOT !
    Telah terjadi kecelakaan yang melibatkan dua kendaraan roda empat di Tol Cawang KM 00, Jakarta Timur sekitar pukul 04.20.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagara menyampaikan ada 13 korban karena kecelakaan maut tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)