SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Identitas Korban Kebakaran Mandom Belum Terungkap

Minggu, 12 Juli 2015 12:58 by ningcil | 1328 hits
Identitas Korban Kebakaran Mandom Belum Terungkap
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Polresta Bekasi Jawa Barat membuka posko antemortem untuk mengungkap identitas lima korban tewas dalam kebakaran PT Mandom Indonesia di Kawasan Industri MM2100 Cibitung, Jumat (10/7).

"Fisik korban tewas seluruhnya dalam kondisi gosong dan sulit dikenali sehingga perlu metode khusus untuk mengungkapnya, yakni dengan antemortem," kata Kepala Sub Direktorat Kedokteran Polisi Polda Metro Jaya AKBP Wahyu di Cikarang, Minggu (11/7).

Menurut dia, posko tersebut sengaja dibuka untuk menghimpun data para korban tewas dari para keluarga yang kehilangan anggota keluarganya. "Posko ini dibuka untuk membantu mencari data-data korban kebakaran melalui keluarganya," katanya.

Pengumpulan data antemortem biasanya meliputi dua metode, yakni metode sederhana yang menyangkut visual, perhiasan, pakaian dan dokumentasi. "Metode kedua adalah ilmiah yang menyangkut sidik jari, medis, serologi, odontologi, antropologi, biologi," katanya.

Baca juga: Kebakaran Tak Terbilang Besar, Apa yang Sebabkan Banyak Korban Jiwa di 'Kamis Kelam' Pabrik Petasan?

Sidik jari bisa ditemukan pada surat pribadi semacam SIM, ijazah, maupun KTP, sementara untuk DNA bisa dicocokkan dari keluarga sekandung korban.

"DNA juga bisa dicocokkan lewat tanda lahir, biasanya dikenali secara ditel oleh keluarga terdekat," katanya. Posko tersebut juga akan menghimpun data korban melalui pemeriksaan struktur gigi dari keluarga yang akan dicocokkan dengan gigi korban.

"Struktur gigi bisa didapatkan rekamnya dari dokter gigi yang merawat gigi korban," katanya. Identifikasi melalui gigi merupakan salah satu metode indentifikasi dasar namun hanya akan berhasil bila ada data lengkapnya.

Wahyu berharap posko yang resmi beroperasi di klinik Mapolresta Bekasi mulai Sabtu (11/7) itu dapat berjalan dengan baik dan jasad korban kebakaran PT Mandom dapat segera dikenali. [tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)