SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

5.000 Pengemis Musiman Datang Ke Jakarta, Per Orang Hasilkan 25 Juta

Jumat, 10 Juli 2015 18:59 by reinasoebisono | 1861 hits
5.000 Pengemis Musiman Datang Ke Jakarta, Per Orang Hasilkan 25 Juta
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Jelang hari raya Idul Fitri, Pemda DKI Jakarta melakukan razia pengemis. Dari razia tersebut ditemukan mayoritas berasal dari Jawa dan Lampung.Datangnya ribuan pengemis ini seperti sudah menjadi tren setiap tahunnya.

Diperkirakan sekitar 5.000 pengemis yang datang dari berbagai kota Indonesia untuk mengais rezeki dan berlomba-lomba mendapatkan uang tanpa harus membanting tulang. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan mereka bisa menghasilkan Rp15-25 juta per dua pekan.

"Mengapa ini terjadi? Karena ada peluang bagi mereka mengais rezeki, tidak perlu bekerja keras, tapi menghasilkan uang signifikan," jelasnya mengutip BBC.

Baca juga: Viral, Seorang Nenek di Semarang Dipaksa Mengemis di Pinggir Jalan Oleh Cucunya

"Kalau info (tentang pendapatan yang besar itu) sampai ke tetangganya, sangat mungkin mereka mengajak tetangga-tetangganya untuk sama-sama menarik rezeki di bulan Ramadan," lanjut Khofifah.

Kegiatan preventif untuk mengajak pengemis melakukan pekerjaan yang lebih baik dan mengedukasi agar menyalurkan sedekah ke lembaga zakat dikatakan menjadi peran aktif bagi pemerintah dan masyarakat agar tidak menimbulkan dilema apakah lebih baik memberi pengemis atau tidak.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)