home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hawaii Larang Penggunaan Kantong Plastik

Kamis, 09 Juli 2015 11:10 by ningcil | 1516 hits
Hawaii Larang Penggunaan Kantong Plastik
Image source: ajc.com

DREAMERSRADIO.COM - Hawaii menjadi negara bagian AS pertama yang melarang penggunaan kantong plastik di supermarket. Hawaii juga melarang semua toko menggunakan kantong plastik yang tidak mudah hancur secara alami.

Larangan berlaku mulai 1 Juli 2015 di Oahu, pulau terpadat di Hawaii, tapi ada bebeapa pengecualian. Misal, kantong plastik untuk tujuan medis dan sanitasi, atau pembungkus daging, ikan, dan barang basah lainnya.

Penjual yang tertangkap memberikan kantong plastik kepada pelanggannya akan dikenakan denda $ 100 hingga $ 1.000 atau sekitar Rp 1 juta hingga Rp 13 juta.

Baca juga: Unik Hanya Ada 4 di Dunia, Pantai Ini Punya Pasir Warna Hijau

Pedagang didorong untuk mematuhi peraturan dan menggunakan kantong kertas daur ulang, kantong bisa digunakan lagi, atau kantong khusus yang bisa hancur secara alami.

Metode yang diterapkan Hawaii ini membuktikan pelarangan penggunaan kantong plastik bukanlah sesuatu yang harus diatur legislatif negara. Chicabo, Illinois, Portland, Oregon, dan Washington DC membebankan pajak bagi setiap kantong plastik yang digunakan toko.

"Dibutuhkan biaya $ 4.000 (sekitar Rp 52 juta) untuk daur ulang satu ton kantong plastik, tapi dijual dengan harga $ 32 kepada pengecer," kata Jared Blumenfeld, direktur Department of the Environment San Francisco. Afrika Selatan, Rwanda, Zanzibar,dan Corsica di Perancis lebih dahulu melarang penggunaan kantong plastik.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)