SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hawaii Larang Penggunaan Kantong Plastik

Kamis, 09 Juli 2015 11:10 by ningcil | 1321 hits
Hawaii Larang Penggunaan Kantong Plastik
Image source: ajc.com

DREAMERSRADIO.COM - Hawaii menjadi negara bagian AS pertama yang melarang penggunaan kantong plastik di supermarket. Hawaii juga melarang semua toko menggunakan kantong plastik yang tidak mudah hancur secara alami.

Larangan berlaku mulai 1 Juli 2015 di Oahu, pulau terpadat di Hawaii, tapi ada bebeapa pengecualian. Misal, kantong plastik untuk tujuan medis dan sanitasi, atau pembungkus daging, ikan, dan barang basah lainnya.

Penjual yang tertangkap memberikan kantong plastik kepada pelanggannya akan dikenakan denda $ 100 hingga $ 1.000 atau sekitar Rp 1 juta hingga Rp 13 juta.

Baca juga: Seorang Wanita Temukan Alpukat Raksasa di Hawaii, Berapa Beratnya?

Pedagang didorong untuk mematuhi peraturan dan menggunakan kantong kertas daur ulang, kantong bisa digunakan lagi, atau kantong khusus yang bisa hancur secara alami.

Metode yang diterapkan Hawaii ini membuktikan pelarangan penggunaan kantong plastik bukanlah sesuatu yang harus diatur legislatif negara. Chicabo, Illinois, Portland, Oregon, dan Washington DC membebankan pajak bagi setiap kantong plastik yang digunakan toko.

"Dibutuhkan biaya $ 4.000 (sekitar Rp 52 juta) untuk daur ulang satu ton kantong plastik, tapi dijual dengan harga $ 32 kepada pengecer," kata Jared Blumenfeld, direktur Department of the Environment San Francisco. Afrika Selatan, Rwanda, Zanzibar,dan Corsica di Perancis lebih dahulu melarang penggunaan kantong plastik.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)