SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hawaii Larang Penggunaan Kantong Plastik

Kamis, 09 Juli 2015 11:10 by ningcil | 1376 hits
Hawaii Larang Penggunaan Kantong Plastik
Image source: ajc.com

DREAMERSRADIO.COM - Hawaii menjadi negara bagian AS pertama yang melarang penggunaan kantong plastik di supermarket. Hawaii juga melarang semua toko menggunakan kantong plastik yang tidak mudah hancur secara alami.

Larangan berlaku mulai 1 Juli 2015 di Oahu, pulau terpadat di Hawaii, tapi ada bebeapa pengecualian. Misal, kantong plastik untuk tujuan medis dan sanitasi, atau pembungkus daging, ikan, dan barang basah lainnya.

Penjual yang tertangkap memberikan kantong plastik kepada pelanggannya akan dikenakan denda $ 100 hingga $ 1.000 atau sekitar Rp 1 juta hingga Rp 13 juta.

Baca juga: Seorang Wanita Temukan Alpukat Raksasa di Hawaii, Berapa Beratnya?

Pedagang didorong untuk mematuhi peraturan dan menggunakan kantong kertas daur ulang, kantong bisa digunakan lagi, atau kantong khusus yang bisa hancur secara alami.

Metode yang diterapkan Hawaii ini membuktikan pelarangan penggunaan kantong plastik bukanlah sesuatu yang harus diatur legislatif negara. Chicabo, Illinois, Portland, Oregon, dan Washington DC membebankan pajak bagi setiap kantong plastik yang digunakan toko.

"Dibutuhkan biaya $ 4.000 (sekitar Rp 52 juta) untuk daur ulang satu ton kantong plastik, tapi dijual dengan harga $ 32 kepada pengecer," kata Jared Blumenfeld, direktur Department of the Environment San Francisco. Afrika Selatan, Rwanda, Zanzibar,dan Corsica di Perancis lebih dahulu melarang penggunaan kantong plastik.

Source:
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)